Loading...

Penyebab-penyebab sakit kepala yang patut diwaspadai

Sakit kepala adalah penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Biasanya mereka melakukan berbagai cara untuk meredakan rasa nyeri seperti memperbanyak tidur, mengkonsumsi makanan yang panas, mengerik kepala hingga minum obat anti nyeri.

Namun, ada baiknya kita mengetahui penyebab-penyebab sakit kepala agar kita tahu cara yang tepat untuk mengatasinya.

1. Keturunan
Sakit kepala, seperi migrain, bisa terjadi karena faktor keturunan. Migrain atau sakit kepala sebelah bisa menyerang seseorang berkali-kali yang biasanya disertai dengan rasa mual dan pandangan kabur. Untuk meredakannya, cobalah mengkonsumsi obat khusus migrain.

2. Stres
Stres atau banyak pikiran terkadang memicu rasa sakit di kepala. Semakin stres seseorang maka semakin besar peluangnya untuk mengalami sakit kepala menegang dan mgrain. Melakukan pemijatan pada satu titik utama saat stres dapat menurunkan tingkat kecemasan dan ketegangan yang berhubungan dengan sakit kepala.

3. Sinus
Penderita sinusitis memang kerap merasakan nyeri karena adanya suatu peradangan yang menyerang bagian kepala akibat akibat inflamasi dari sinus. Sakit jenis ini dapat diobati dengan dekongestan dan antihistamin.

4. Dehidrasi
Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan aliran darah ke batang otak berkurang sehingga pembuluh darah melebar dan menyebabkan rasa sakit atau nyeri di kepala. Karena itu, rutinlah mengkonsumsi air putih 8 gelas atau 2 liter per hari.

5. Tegang
Ini merupakan penyebab sakit kepala yang paling umum dialami oleh banyak orang. Rasa sakit ini di sebabkan oleh kontraksi otot-otot leher dan kulit kepala sehingga para penderita akan merasakan tekanan di sekitar kepalanya. Obat-obatan seperti aspirin atau ibuprofen dapat membantu meredakannya.

6. Penyakit serius
Penyebab sakit kepala yang harus diwaspadai adalah karena penyakit yang lebih serius seperti sakit gigi, gangguan mata, infeksi di otak atau tumor. Sakit kepala berat ini biasanya akan memunculkan gejala-gejala seperti demam, leher kaku dan ruam. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk menjalani tes seperti CT scan atau MRI otak dan meminta pendapat ahli syaraf.

loading...
Loading...
Penyebab-penyebab sakit kepala yang patut diwaspadai | akbar | 4.5