Loading...

Penyebab Ngiler Saat Tidur

Ngiler adalah kondisi keluarnya air liur tanpa kita sadari ketika sedang tidur. Tidak hanya Anda, jutaan orang lain di seluruh penjuru dunia juga ngiler ketika tidur. Ngiler saat tidur bisa menjadi fenomena yang normal, namun juga bisa terjadi akibat kondisi medis tertentu yang bisa meningkatkan produksi air liur.

Keluarnya iler saat tidur ini tidak disengaja, kita baru tahu kalau saat tidur kita ngiler ketika bangun tidur dan mendapati bantal yang digunakan untuk tidur sudah ada bekas atau bercak sisa iler atau air liur.

Berikut adalah beberapa penyebab ngiler saat tidur yang mungkin terjadi pada Anda:

1. Tidur miring
Tidur miring akan menyebabkan air liur mengalir keluar dari mulut.

2. Mulut terlalu kering
Mulut yang terlalu kering menyebabkan kelembaban dari mulut hilanga, sehingga untuk mengatasi itu mulut akan memproduksi air liur berlebih.

3. Mulut terbuka
Tidur dengan kondisi mulut terbuka akan menyebabkan keluarnya air liur, apalagi bila ternyata produksi air liur cukup banyak akibat dari mulut terlalu kering.

4. Efek samping dari obat yang dikonsumsi
Beberapa jenis obat terkadang memiliki efek samping seperti mulut kering atau menyebabkan adanya gangguan pada kelenjar yang bertugas memproduksi air liur.

5. Adanya masalah pada gigi
Beberapa gangguan seperti infeksi pada gigi atau gusi bisa mempengeruhi produksi air liur.

6. Anatomi mulut
Beberapa orang ada yang memiliki anatomi mulut yang tidak normal, seperti lidah yang terlalu besar, gigi yang terlalu rapat atau pembesaran kelenjar limpa.

loading...
Loading...
Penyebab Ngiler Saat Tidur | lawas | 4.5