Loading...

Penyebab dan cara mencegah sembelit

Hampir setiap orang pastinya pernah mengalami masalah gangguan pencernaan berupa susah buang air besar atau yang banyak orang menyebutnya dengan istilah dengan sembelit. Sebenarnya, antara sembelit dan susah buang air besar adalah hal yang berbeda. Ketika orang mengalami susah buang air besar (jarang BAB), belum tentu dia juga mengalami sembelit.

Sembelit atau yang juga sering disebut dengan istilah konstipasi adalah kelainan pada sistem pencernaan berupa pengerasan tinja yang berlebihan sehingga mengakibatkan susah untuk dibuang atau dikeluarkan, yang mengakibatkan rasa sakit yang hebat pada penderita ketika buang air besar.

Penyebab Sembelit

Gaya hidup tidak sehat merupakan salah satu penyebab utama sembelit. Beberapa gaya hidup tidak sehat penyebab sembelit misalnya kurang mengkonsumsi cairan atau minum, kurang mengkonsumsi serat, kurang olahraga, dan bisa juga akibat dari ketergantungan pada penggunaan obat pencahar.

Selain karena gaya hidup yang tidak sehat, sembelit juga bisa diakibatkan dari efek samping penggunaan jenis obat-obatan tertentu. Beberapa diantaranya adalah obat golongan narkotika, antasid yang mengandung kalsium dan aluminium, antidepresan, obat hipertensi, suplemen zat besi, antisesak dan antiparkinson.

Cara Mencegah Sembelit

Untuk mencegah agar tidak timbul masalah sembelit, salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan banyak-banyak minum air putih. Selain itu, sembelit juga bisa dicegah dengan rutin mangkonsumsi pepaya. Kandungan zat pacpai yang ada dalam buah pepaya bisa membantu melunakkan feses sehingga anda bisa buang air besar dengan mudah dan lancar.

loading...
Loading...
Penyebab dan cara mencegah sembelit | akbar | 4.5