Loading...

Yuk Cari Tahu! Apa Saja Penyebab Asap Putih Keluar dari Knalpot Mobil

Permasalahan yang kerap terjadi pada mobil agak berumur yakni munculnya asap putih pada sektor pembuangan yang keluar pada bagian knalpot. Hal ini bisa membuat pengemudi agak sedikit gengsi ketika memacunya di jalanan umum dengan keadaan mobil mengeluarkan asap bak pesawat jet. Kondisi tersebut tentunya cukup mengkhawatirkan juga, dan bisa jadi terdapat kerusakan yang tidak dimengerti oleh pemiliknya. Lantas, apa penyebab asap putih muncul?

Penyebab Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil

Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil, Apa Penyebabnya?

Penyebab Utama Asap Putih Keluar Pada Knalpot Mobil

Penyebab utama asap putih keluar pada knalpot mobil biasanya karena terjadinya kerusakan komponen mesin, khususnya pada komponen ring seher dan ring piston. Untuk mengantisipasinya, segera mengeceknya apakah masih bekerja dengan baik atau memang sudah terjadi aus. Jika kedua komponen tersebut rusak maka sebaiknya cepat diganti dengan komponen yang baru, pastikan dengan suku cadang asli bukan yang abal-abal.

Selain penyebab utama dari knalpot mobil keluar asap putihnya tersebut, terdapat penyebab lainnya yang bisa menimbulkan asap putih keluar dari knalpot. Terperangkapnya embun atau uap air dalam lubang knalpot, mungkin Anda kerap memperhatikan ketika memanaskan mesin di pagi hari, muncul asap putih dari knalpot. Hal ini bisa jadi karena embun yang terperangkap di knalpot. Namun Anda tidak perlu khawatir, hal ini masih dalam tahap wajar, jika warna asap yang keluar berwana putih dan tidak berbau mesin masih dalam kondisi normal. Tetapi jika asap yang dikeluarkan berwarna hitam pekat, sebaiknya segera mengecek kondisi komponen mesin mobil Anda.

Kemudian asap putih yang muncul pada knalpot bisa juga disebabkan oleh seal klep yang bocor, untuk mengenali kerusakan ini asap putih akan keluar pada saat mesin belum panas dan pada saat mobil dalam keadaan sedang melaju. Jadi pastikan Anda mengecek seal klep dan takaran oli, untuk mengetahui adanya kerusakan seal klep dan oli yang terbuang berlebihan. Jika seal klep rusak maka sebaiknya segera menggantinya ke bengkel terdekat.
Cara Mencegah Knalpot Mobil Mengeluarkan Asap

Pada dasarnya kendaraan mobil yang mengeluarkan asap putih maupun asap hitam merupakan gejala awal terjadinya kerusakan mesin. Cara mencegah hal tersebut terjadi dan mencegah kerusakan lebih lanjut, pastikan selalu merawat mesin mobil secara berkala, terpenting selalu gunakan suku cadang asli untuk menghindari kerusakan lebih parah pada mesin mobil.

loading...
Loading...
cara agar knalpot

Yuk Cari Tahu! Apa Saja Penyebab Asap Putih Keluar dari Knalpot Mobil | akbar | 4.5