Loading...

Pentingnya stretching sebelum berolahraga

Stretching atau peregangan badan memang diperlukan sebelum melakukan atifitas olahraga. Dengan stretching kita akan terhindar dari risiko cedera atau otot yang kaku seperti kram dan kesemutan. Selain itu jaringan otot dalam tubuh juga tidak akan terkejut karena harus melakukan aktifitas fisik yang berat secara tiba-tiba.

Baik olahraga berat maupun ringan, melakukan peregangan sebelum memulai aktifitas tersebut sangatlah penting. Melemaskan otot-otot tubuh agar lebih bugar akan meningkatkan stamina dan hasil yang maksimal. Berikut ini adalah cara melakukan peregangan yang tepat sebelum berolahraga.

Cardio

Latihan cardio seperti lari di tempat adalah salah satu latihan peregangan yag tepat. Dengan melakukan peregangan tersebut 10 menit sebelum berolahraga selama kurang lebih 1 menit akan membantu melemaskan otot terutama bagian kaki. Dengan begitu anda juga akan terhindar dari risiko kram.

Warming up

Peregangah tangan dan kaki dengan warming up juga membantu untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Angkatlah salah satu kaki dengan cara dilipat ke belakang dan tahan dengan tangan selama 30 detik, lakukan pada kedua kaki. Atau dengan mengangkat tangan ke atas atau ke samping dengan ditahan tangan yang satunya lagi selama 30 detik. Dengan begitu organ vital untuk bergerak kini sudah siap untuk melakukan olahraga.

Senam

Jika ingin lebih fun, melakukan senam kecil sebelum olahraga juga sangat disarankan. Dengan begitu anda akan meregangkan semua otot dalam tubuh secara maksimal. Tak perlu terlalu lama, 5 menit adalah waktu yang cukup untuk melakukan stretching dengan senam.

Warming up balm

Bila ingin tubuh lebih cepat panas, oleskan warming up balm ke bagian tangan dan kaki agar otot didalamnya juga ikut panas sehingga aktifitas olahraga yang ingin anda lakukan kian maksimal. Namun jangan lupa juga untuk tetap melakukan peregangan badan karena penggunaan warming up balm bersifat hanya untuk membantu.

Peregangan memang mudah dilakukan, namun banyak orang lupa mempraktekannya sebelum olahraga sehingga mengakibatkan tubuhnya menjadi kram atau cedera. Karena itu jangan lupa melakukan stretching agar tubuh anda tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktifitas olahraga.

loading...
Loading...
Pentingnya stretching sebelum berolahraga | akbar | 4.5