Loading...

Obat Herbal: 6 Manfaat dan Khasiat Tanaman Brotowali

Gambar Tanaman Brotowali. Khasiat dan Manfaat BrotowaliBrotowali, si pahit yang kaya manfaat dan khasiat. Dibalik rasanya yang pahit, tanaman brotowali ternyata mempunyai banyak sekali manfaat. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan tanaman brotowali misalnya gatal-gatal, luka, koreng, kudis, malaria, diabetes, hepatitis, dan bahkan bisa juga untuk penambah nafsu makan.

1. Obat Gatal-gatal
Rebus 20 g batang brotowali dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diamkan sampai agak dingin, lalu pakai untuk merendam bagian yang gatal. Lakukan 2x sehari.

2. Obat Luka, Koreng, atau Kudis
30 cm batang brotowali berikut daunnya dicuci bersih lalu dipotong masing-masing 5 cm. Rebus dengan 6 gelas air selama 1/2 jam. Setelah agak dingin, gunakan untuk membersihkan bagian yang luka.
Sementara itu, 7 batang daun brotowali ditumbuk halus dan tempelkan pada luka lalu dibalut dengan perban. Balutan dan ramuan daun ini harus diganti setiap 2 hari sekali.

3. Obat Malaria
20 cm batang brotowali berikut daunnya direbus dengan 1 l air sampai airnya tinggal setengah. Setelah dingin, diminum dengan madu. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

4. Obat Diabetes
10 cm batang brotowali bersama akar pepaya direbus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, saring dan diamkan sampai agak dingin. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

5. Obat Hepatitis
20 cm batang brotowali berikut daunnya direbus dengan 1 l air sampai airnya tinggal setengah. Menjelang masak, masukkan air perasan 3 jari temulawak yang sudah diparut. Saring. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

6. Untuk Menambah Nafsu Makan
3 helai daun brotowali, 30 g batang brotowali direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum setiap hari 1 gelas.

loading...
Loading...
manfaat brotowali, brotowali, Khasiat brotowali, kasiat brotowali, Tanaman brotowali, khasiat batrawali, manfaat tanaman brotowali, Khasiat bratawali, jamu brotowali, Kasiat batrawali

Obat Herbal: 6 Manfaat dan Khasiat Tanaman Brotowali | chsa | 4.5