Loading...

Mengenal Tanaman Brotowali

Gambar Tanaman Brotowali. Ciri-ciri, Nama Lain dan Kandungan Kimia BrotowaliBrotowali (Tinospora crispa (L.) Miers.hen jin t) yang masuk dalam keluarga Menispermaceae adalah tanaman obat tradisional Indonesia yang mempunyai ciri khas rasanya yang sangat pahit. Air rebusan batang brotowali yang terasa sangat pahit biasa dijadikan sebagai obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi gejala kencing manis.

Ciri-ciri Tanaman Brotowali

Brotowali biasanya tumbuh secara liar di ladang ataupun ditanam di halaman dekat pagar. Tanaman ini menyukai tempat yang panas, termasuk perdu, memanjat, tinggi batang sampai 2,5m. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat rasanya pahit. Daun tunggal, bertangkai, berbentuk seperti jantung atau agak budar telur berujung lancip, panjang 7-12 cm, lebar 5-10 cm. Bunganya kecil, warna hijau muda, berbentuk tandan semu. Brotowali biasanya diperbanyak dengan cara stek.

Nama Lain Brotowali

Di beberapa daerah, brotowali mempunyai sebutan yang berbeda. Bratawali, putrawali, daun gadel (Jawa); Andawali (Sunda), Antawali (Bali), Shen jin teng (China).

Kandungan Kimia Brotowali

Tanaman brotowali kaya akan kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

loading...
Loading...
ciri ciri brotowali, ciri ciri tanaman brotowali

Mengenal Tanaman Brotowali | chsa | 4.5