Loading...

Yuk, Mengenal Jenis-Jenis Jamu dan Juga Manfaatnya

Masih ada ckup banyak orang yang menggemari minuman herbal tradisional. Dalam pembuatan jamu herbal tradisional ini biasanya bahan baku yang digunakan adalah rempah-rempah pilihan dan tanaman herbal. Untuk khasiat atau manfaatnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, terutama untuk kesehatan tubuh pria dan wanita.

Jenis-jenis dan Manfaat Jamu, Minuman Herbal Tradisional

Agar anda bisa lebih mudah mengonsumsinya sesuai kebutuhan, maka tidak ada salahnya untuk mengenal tentang jenis-jenis serta manfaat jamu bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa jenis jamu yang biasanya dijual di Indonesia:

Daftar Isi:

  1. Jamu Beras Kencur
  2. Jamu Temulawak
  3. Jamu Kunyit Asam
  4. Jamu Cabe Puyang
  5. Jamu Pahitan
  6. Jamu Sinom
  7. Jamu Uyup-uyup
  8. Jamu Kunci Sirih
  9. Jamu Galian Singset
  10. Jamu Kudu Laos

Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur biasa dibuat dari ekstrak kencur, jahe, asam, serta beras. Rasa jamu beras kencur cenderung lebih manis rasanya dibanding jenis jamu lainnya. Karena itu jamu ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa, namun juga anak-anak menyukainya. Apa saja manfaat dari jamu beras kencur? Diantaranya adalah bisa membantu dalam menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu, dan juga bisa menambah stamina tubuh.

Jamu Temulawak

Bahan utama yang digunakan selain temulawak juga biasanya kedalamnya dicampur dengan gula aren, asam jawa, daun pandan, dan jinten. Untuk manfaat dan khasiat dari jamu temulawak diantaranya adalah dapat membantu menyembuhkan pusing, mual, serta untuk menghindari gejala masuk angin.

Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam menggunakan kunyit serta asam jawa sebagai bahan utamanya. Terkadang bila memang diperlukan, maka akan juga ditambahkan dengan ramuan khusus agar terasa lebih segar. Adapun manfaat dari jamu kunyit asam ini adalah cukup bagus untuk wanita misalnya mengatasi masalah haid, pendukung diet, mencerahkan kulit, serta membantu meremajakan sel-sel tubuh akibat kandungan antioksidan yang besar.

Jamu Cabe Puyang

Jamu cabe puyang juga dikenal sebagai jamu pegal linu, karena dengan meminum jamu cabe puyang ini akan membantu anda menghilangkan pegal-pegal dari kecapean, sakit pinggang, serta mengatasi kesemutan. Bahan baku yang digunakan untuk membuat jamu cabe puyang ini diantaranya yaitu cabe jamu dan puyang, kemudian ditambahkan juga dengan rempah-rempah lainnya.

Jamu Pahitan

Jamu pahitan menggunakan bahan utama yaitu daun sambiloto. Kemudian ke dalamnya juga ditambahkan dengan bahan pahit lainya seperti brotowali. Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu bagaimana rasa dari jamu ini. Ya, jamu pahitan memang dikenal sebagai jenis jamu yang paling pahit dari saudara lainnya, akan tetapi untuk khasiatnya memang cukup luar biasa diantaranya adalah bisa mengatasi pegal, mencegah diabetes, membantu membersihkan jerawat serta dapat menambah nafsu makan.

Jamu Sinom

Bahan yang digunakan untuk membuat jamu sinom pada dasarnya hampir sama dengan kunyit asam, namun yang dijadikan sebagai bahan utamanya adalah daun asam muda. Sebagai bahan tambahannya, maka pada jamu ini biasanya disertakan temulawak, kayu manis, kunyit, kapulaga, gula merah, pala, dan gula pasir. Sementara itu khasiat dari jamu sinom diantaranya adalah bisa menambah nafsu makan, mengatasi maag, radang lambung, dan untuk wanita yaitu mengatasi masalah keputihan.

Jamu Uyup-uyup

Jamu uyup-uyup ini cukup bagus untuk dikonsumsi oleh para ibu yang tengah dalam masa menyusui karena bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Tidak hanya itu saja, karena uyup-uyup juga dipercaya bisa menghilangkan bau badan dan mengatasi kembung. Untuk bahan bakunya diantaranya digunakan kencur, bengle, jahe, kunir, temulawak, laos, puyang, dan temugiring.

Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih dibuat dari bahan berupa daun sirih yang juga ditambahkan dengan buah asam serta aneka empon-empon yang baik dikonsumsi oleh para wanita terutama adalah untuk mengatasi masalah keputihan, merapatkan bagian kewanitaan, menghilangkan bau badan, serta memperkuat gigi.

Jamu Galian Singset

Jamu galian singset terbuat dari bahan-bahan seperti temu lawak, kencur, kunyit, asam jawa, merica, laos, serai, kayu manis, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, serta beberapa bahan rempah tradisonal lainnya. Untuk khasiat dari jamu galian singset ini adalah dipercaya bisa menjaga kesehatan organ kewanitaan serta mengencangkan badan juga vagina.

Jamu Kudu Laos

Seperti namanya, jamu kudu laos dibuat dari laos yang ditumbuk bersama aneka bahan lain yang kemudian di rebus. Untuk rasanya jamu ini cukup segar serta dapat memberikan efek hangat dalam tubuh, bermanfaat untuk mengatasi kembung serta meredakan demam.

loading...
Loading...
pantangan ketika minum jamu, manfaat beras kencur untuk kesuburan wanita, manfaatnya jamu kunyit asam sama santan, manfaat kunyit asem bagi laki laki, manfaat kecap untuk kambing, manfaat jamu kunyit asam untuk laki laki, manfaat jamu beras kencur untuk payudara, makan mie sambil minum jamu boleh gak, jarak minum jamu dan susu, jamu seduh apa bisa basi, jamu pegal linu untuk ibu menyusui, bolehkah minum jamu setelah minum susu, bolehkah kita minum antangin saat haid, bolehkah abis minum susu lalu minum jamu?, boleh tidak minum jamu habis mkan semangka, apakah jamu beras kencur bisa menambah kesuburan, apakah boleh sedang haid minum tola, agar beras kencur tahan lama

Yuk, Mengenal Jenis-Jenis Jamu dan Juga Manfaatnya | akbar | 4.5