Loading...

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Halaman: 1 2

Gambar Teh Hijau - Manfaat Teh Hijau untuk KesehatanTeh hijau adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut.

Teh hijau merupakan minuman populer di daratan Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara dan semakin dikenal juga di negara Barat yang dulunya merupakan peminum teh hitam.

Aroma teh yang harum serta rasanya yang khas membuat minuman ini banyak dikonsumsi. Minum teh bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks saat menjalankan aktivitas.

Teh bisa dinikmati dengan cara di seduh dengan air panas ataupun diminum saat dingin menjadi es batu. Keduanya tetap menghasilkan rasa nikmat. Tinggal Anda mau pilih yang mana, minum teh panas atau es teh dingin yang menyegarkan.

Selain rasanya yang nikmat, ada banyak kandungan zat yang mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, berikut ini di antaranya:

1. Mengurangi risiko serangan jantung
Teh hijau bekerja di dalam saluran pembuluh darah, membantu menjaga nya tetap stabil dan lebih mampu menahan perubahan tekanan darah, demikian menurut para ahli. Hal ini juga bisa melindungi terhadap pembekuan darah, yang merupakan penyebab utama dari serangan jantung.

2. Menurunkan berat badan
Polifenol pada teh hijau berfungsi (bekerja) untuk meningkatkan tingkat oksidasi lemak dalam tubuh yang dapat mengubah makanan menjadi kalori.

3. Mengurangi kolesterol dan tekanan darah
Theanine dari teh hijau mengurangi hipertensi, tetapi tidak berpengaruh pada tekanan darah normal. Para peneliti Jepang menemukan bahwa theanine menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kolesterol baik dan mencegahnya menjadi kolesterol jahat karena oksidasi.

4. Mengurangi depresi dan stres
Teh hijau mengandung sejumlah kecil kafein alami yang merangsang. Theanine menyeimbangkan efek stimulasi kafein pada sistem saraf. Theanine menciptakan rasa relaksasi dalam 30 – 40 menit setelah konsumsi melalui dua cara. Pertama, merangsang aktivitas listrik otak untuk menghasilkan gelombang alfa di otak.

Hal ini menciptakan relaksasi dan kewaspadaan mental serupa dengan yang dicapai melalui meditasi. Kemudian theanine memengaruhi kimiawi otak untuk meningkatkan neurotransmiter, dopamine dan serotonin. Komponen-komponen kimiawi penting otak menghasilkan perasaan sejahtera dan rileks.

loading...
Loading...
teh sage untuk asi, cara minum teh hijau saat puasa, antangin campur teh, antangin dicampur teh, antangin sama minum teh apakah boleh, mengapa minum teh hjau keringat jadi keluar, cara membuat teh arab, antangin campur teh hangat, kegunaan teh dicampur an, minuman teh campur santan, teh campur yakult boleh

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan | chsa | 4.5