Loading...

Manfaat Tanduk Rusa untuk Obat Tradisional

Manfaat Tanduk RusaTanduk rusa adalah nama tanaman sejenis paku-pakuan. Jadi tanduk rusa disini bukan nama tanduk dari hewan rusa sejenis menjangan ya.. tapi merupakan nama dari tumbuhan obat yang punya banyak manfaat dan khasiat.

Ciri-ciri Tanaman Tanduk Rusa

Tanduk rusa mempunyai nama lain atau sebutan yang berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Selain disebut dengan daun tanduk rusa, disebut juga dengan nama simbar agung (Indonesia). Kemudian di daerah Jawa dan Bali disebut juga dengan nama simbar menjangan dan paku uncal untuk sebutan tanaman ini di daerah Sunda.

Tanaman tanduk rusa banyak ditemukan dan sering dipelihara sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang menjuntai panjang dan terlihat indah. Tanduk rusa hidup dengan cara menempel pada tanaman induk. Walau hidupnya menempel pada tanaman lain, namun tanduk rusa ini memiliki sifat epifit, yaitu tidak merugikan tanaman inangnya.

Tanaman ini memiliki ciri-ciri permukaan daunnya mirip kulit rusa yaitu kasar, daun tanduk rusa menjuntai ke bawah bercabang-cabang menyerupai tanduk binatang rusa yang terbalik. Pada dasarnya tanduk rusa merupakan tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu berupa akar dan rimpang batang membentuk bungkah kool berwarna coklat dan jutaian helaian daun berwarna hijau. Tempat hidup yang disukai oleh tanduk rusa adalah tempat yang tidak langsung memperoleh sinar matahari. Untuk cara pengembangbiakan tanduk rusa bisa dilakukan dengan cara spora atau dengan memindahkan akar rimpangnya.

Manfaat dan Khasiat Daun Tanduk Rusa

Daun tanduk rusa bisa kita manfaat sebagai obat tradisional atau obat herbal, yaitu untuk mengobati mengobati demam, bisul, radang rahim luar, abses dan bisa juga untuk mengobati haid yang tidak teratur.

Obat Demam
Selembar daun tanduk rusa ditumbuk halus, ditambah garam secukupnya, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah disaring bisa diminum 2 kali sehari 1 cangkir, yaitu pagi dan sore.

Obat Bisul
Campur selembar daun tanduk rusa dan sedikit kapur sirih, lalu tumbuk halus. Ramuan ini bisa digunakan untuk mengompress bagian bisul.

Obat Radang Rahim luar
Tumbuk sampai halus 2-5 lembar daun tanduk rusa dan minyak kayu putih secukupnya. Untuk cara menggunakannya, yaitu ramuan ini bisa ditempelkan pada perut /rahim dan dibalut dengan kain stagen.

Obat Abses
Daun tanduk rusa juga bisa untuk mengobati abses, yaitu suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi karena adanya suatu infeksi bakteri. Caranya dengan menumbuk sampai halus selembar daun tanduk rusa, satu siung bawang merah dan adas pulawaras secukupnya. Selanjutnya bisa dipakai untuk mengompress bagian bisul.

Obat Haid Tidak Teratur
Untuk mengobati haid tidak teratur sangatlah mudah. Seduh 2 lembar daun tanduk rusa dengan air panas secukupnya. Selanjutnya bisa diminum 4 atau 3 hari sebelum datang bulan (haid).

loading...
Loading...
manfaat tanduk rusa, khasiat tanduk rusa, daun tanduk rusa, bunga tanduk rusa, tanaman tanduk rusa, Nama lain tanduk rusa, tanduk rusa, manfaat paku tanduk rusa, tanduk rusa disebut, pohon tanduk rusa, manfaat tanaman tanduk rusa, manfaat daun tanduk rusa, manfaat sinar matahari bagi hewan, khasiat daun tanduk rusa, daun simbar menjangan, paku tanduk rusa, khasiat tanaman tanduk rusa, simbar menjangan, anggrek tanduk rusa, manfaat tumbuhan paku tanduk rusa, daun simbar, Daun simbar bajing, gambar benalu tandukrusa, benalu tanduk uncal, manfaat daun kadaka uncal

Manfaat Tanduk Rusa untuk Obat Tradisional | chsa | 4.5