Loading...

Manfaat Kopi sebagai Obat Luka

Kopi Robusta untuk Mengobati Luka. Cara Mengobati Luka Menggunakan KopiKopi merupakan salah satu minuman teman orang-orang yang hobi begadang atau tidur malam. Selain bisa membuat mata tetap terjaga, kopi ternyata juga punya manfaat lain. Salah satu manfaat kopi lainnya adalah bisa untuk mengobati luka.

Kopi ternyata sangat efektif dan aman untuk mengatasi berbagai jenis luka. Mulai dari luka besut karena terjatuh, luka tergores benda tajam, luka bakar, sampai luka koreng yang sudah terinfeksi. Dan hebatnya lagi, semua usia bisa menggunakan kopi sebagai obat luka tersebut, termasuk anak-anak.

Dr. Hendro Sudjono Yuwono MD, Ph.D yang telah melakukan penelitian sejak awal 2004 terhadap khasiat kopi menemukan bahwa zat antibakteri dalam serbuk kopi yang tergolong sangat kuat dan terbukti sangat efektif membasmi kuman Methicillin Resistant Starhylococcus Aureus (MRSA) yang sering dijumpai pada luka bernanah, demikian seperti yang dikutip dari laman kompas. Bahkan menurut Dr. Hendro, beliau mengatakan bahwa tidak ada efek samping yang muncul dari pengobatan luka dengan kopi.

Adapun cara mengobati luka menggunakan kopi yaitu:

  1. Taburkan secara merata serbuk kopi di atas luka. Cukup tipis saja, tidak perlu terlalu tebal.
  2. Frekuensi bisa dilakukan 3x sehari. Yaitu pagi, siang, dan sore hari.
  3. Setelah ditaburi kopi, luka harus tetap kering dan sama sekali tidak boleh terkena air. Bila terkena air, luka akan menjadi basah terus-menerus sehingga pengobatan tidak akan berjalan efektif. Jika ingin mandi atau melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan air, tutuplah luka tersebut dengan rapat.

Lebih lanjut menurut Dr. Hendro, bahwa pemakaian kopi sebagai obat luka ini tidak memerlukan resep dokter. Kopi bisa langsung ditaburkan di atas luka. Hanya saja, kopi yang digunakan adalah harusl jenis kopi robusta yang belum dicampur apa-apa. Kenapa harus kopi robusta? Katanya sih karena Dr. Hendro memang belum pernah melakukan penelitian terhadap kopi jenis lainnya. Jadi, dalam melakukan penelitian ini Dr. Hendro hanya meneliti tentang manfaat kopi robusta sebagai obat luka.

loading...
Loading...
obat luka, manfaat bubuk kopi untuk luka, Manfaat kopi untuk luka, kopi untuk luka

Manfaat Kopi sebagai Obat Luka | chsa | 4.5