Loading...

Manfaat & Khasiat Kemiri: Obat Tradisional Berbahan Kemiri

Gambar Kemiri. Manfaat dan Khasiat Kemiri untuk Obat Demam, Obat Diare, Obat Disentri, Obat SembelitKemiri adalah merupakan tanaman dengan biji buah yang mengandung minyak. Nama ilmiah kemiri adalah Aleurites moluccana. Tanaman kemiri mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita.

Salah satu manfaat kemiri yang paling populer dan mungkin sering kita dengar adalah bisa untuk menyuburkan, menguatkan dan menghitamkan rambut. Namun berdasarkan penelitian serta uji secara laboratorium, kemiri juga diyakini berkhasiat untuk mengobati diare, disentri, sakit perut, sembelit, sampai demam, sariawan, dan sakit gigi. Kemampuan kemiri sebagai obat ini dipengaruhi oleh kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Kemiri mengandung zat seperti saponin, falvonoida, dan polifenol. Banyak penelitian telah membuktikan ketiga komponen zat tersebut baik bagi kesehatan.

Adapun kandungan gizi yang ada dalam kemiri yaitu protein, lemak, dan karbohidrat. Kandungan penting lainnya adalah vitamin, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol.

Kumpulan Resep Obat Herbal & Tradisional Berbahan Kemiri

1. Memperkuat Rambut
Silahkan ambil enam buah kemiri, tumbuk halus. Tambahkan air secukupnya dan dimasak sampai mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Lakukan 3 kali sepekan.

2. Mengatasi Buang Air Besar Berdarah
Untuk mengatasi masalah buah air besar berdarah, caranya ambil 20 gram kulit batang kemiri. Rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Kemudian saring dan airnya diminum hangat-hangat.

3. Mengobati Sembelit atau Susah Buang Air Besar
Untuk cara mengobati sembelit, ambil sebuah kemiri, 2 siung bawah merah, 30 gr daun urang aring, 10 gr kayu manis, 5 gr pulosari, ditambah 6 gr adas, setengah sendok teh garam, haluskan. Kemudian direbus dengan 800 cc air sampai tersisa 400 cc. Saring dan airnya diminum 2 kali sehari.

4. Mengobati Disentri
Untuk cara mengobati disentri, ambil 10 gr kulit batang kemiri. Rebus dengan 400 cc air sampai tersisa 200 cc. Setelah itu saring dan airnya diminum hangat-hangat.

5. Obat Demam
Adapun cara mengobati demam yaitu: Ambil minyak kemiri secukupnya, tambahkan 15 gr akar pulutan. Direbus dengan air secukupnya sampai mendidih. Minum ramuan saat masih hangat. Ada baiknya lakukan pengobatan ini secara teratur.

loading...
Loading...
khasiat kemiri, kasiat kemiri, kegunaan kemiri, ciri ciri kemiri, buah kemiri bagi penderita hipertensi, ciri ciri pohon kemiri, ciri-ciritanaman kemiri, manfaat dari ampas kemiri

Manfaat & Khasiat Kemiri: Obat Tradisional Berbahan Kemiri | chsa | 4.5