Loading...

Manfaat Ikan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat Makan Ikan untuk Ibu Hamil dan MenyusuiApa yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil maupun menyusui sangat berpengaruh penting terhadap perkembangan dan kesehatan bayi. Untuk itulah, sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui untuk menjaga makanan yang dikonsumsi. Pastikan ibu hamil dan menyusui mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya adalah ikan.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan olahan ikan. MenurutAhmad Sulaeman, ahli gizi sekaligus Wakil Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), “Ibu hamil dan menyusui itu memang lebih bagus jika mengonsumsi ikan”

Ikan akan memengaruhi perkembangan janin serta kualitas air susu ibu (ASI). Konsumsilah ikan minimal 40 gram per hari. Mengonsumsi ikan secara teratur bagi ibu hamil bisa memberikan pengaruh baik untuk janin. Seperti meningkatnya kecerdasan pada anak kelak. IQ anak pun juga akan tinggi.

Mengonsumsi ikan tidak hanya bermanfaat untuk janin, namun juga bermanfaat bagi ibu hamil sendiri, yaitu memberikan efek baik pada ibu usai melahirkan. Pada ibu hamil yang rajin mengonsumsi ikan, ibu tidak akan mengalami depresi setelah melahirkan.

Sementara manfaat mengonsumsi ikan untuk ibu yang menyusui, yaitu meningkaan kualitas air susu ibu. Karena ikan mengandung asam DHA, EPA, dan Linoleat. Ketiga kandungan tersebut sangat dibutuhkan anak untuk perkembangan otak. Mengonsumsi ikan akan meningkatkan kadar DHA dalam ASI.

loading...
Loading...
manfaat kolang kaling untuk ibu menyusui

Manfaat Ikan untuk Ibu Hamil dan Menyusui | chsa | 4.5