Loading...

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Buah manggis dikenal memiliki indeks anti aktivitas oksidan atau ORAC (oxygen radical absorbance capacity) yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Dalam buah manggis terdapat potasium, kalsium, fosfor, zat besi, fiber diet, protein, lemak, karbohidrat, vitamin B1, B2 dan B6 yang kesemuanya itu bermanfaat untuk memlihara kesehatan tubuh kita.

Selain rasanya yang enak, buah manggis ternyata juga bisa mengobati kanker. Dalam masyarakat dulu, manggis dijadikan ramuan untuk pengobatan alami ataupun pereda nyeri. Buah manggis juga dikenal memiliki pendorong energi alami dan bisa digunakan untuk mengeluarkan racun dari dalamn tubuh.

Didapatkan pula fakta bahwa buah manggis bersifat methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) yaitu resisten terhadap bakteri penyebab terjadinya infeksi. Beberapa sifat manggis yaitu: anti bakteri, anti-radang, anti jamur, anti depresan, anti diabetes, serta anti mikroba. Manggis juga memiliki sifat anti borok, anti tumor, anti penyakit akibat virus, antibiotik, dan anti inflamasi.

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

  • Rebusan kulit pohon manggis bisa mengatasi disentri kronis, diare dan demam. Untuk asma, pengobatan bisa dilakukan menggunakan kulit manggis kering yang diasapkan.
  • Membantu menjaga berat badan ideal dan detoksifikasi. Manggis secara normal mendukung tubuh dalam mendapatkan lemak dan gula darah.
  • Jus manggis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah.
  • Bermanfaat mencegah dan menghentikan penyakit diabetes, alzheimer, serta penyakit kronis lainnya.
  • Batang manggis sebagai bahan kumur sangat efektif mengatasi gangguan mulut dan tenggorokan.
  • Suplemen dan jus manggis dapat mencegah nyeri dan peradangan sendi, meredakan gejala depresi dan kecemasan, serta meningkatkan aura kesehatan secara menyeluruh.
  • Sifat antioksidannya juga dapat melawan tuberculosis serta memiliki efek serotonin (suatu senyawa kimia yang penting sebagai pembawa pesan ke otak dari dan ke seluruh tubuh).

Satu hal lagi, sejak zaman dulu manfaat kulit buah manggis sangat terkenal oleh para perajin kain-kain etnik Nusantara, yaitu sebagai pewarna kain untuk mendapatkan warna ungu yang cantik.

loading...
Loading...
Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan | akbar | 4.5