Loading...

Manfaat Buah Langsat

Gambar dan Manfaat Buah LangsatLangsat adalah nama buah sejenis buah duku. Langsat ini memiliki nama latin Lansium domesticum. Pada umumnya pohon langsat ini memiliki pohon yang lebih kurus, dengan daun kurang lebat yang berwarna hijau tua, dengan percabangan tegak.

Sedangkan buahnya panjang, padat berisi 15–25 butir buah yang berbentuk bulat telur dan besar-besar. Kulit dari buah langsat tergolong tipis dan selalu bergetah (putih) sekalipun sudah masak. Daging buahnya relatif memiliki banyak berair, rasanya masam manis dan menyegarkan.

Langsat ini tidak seperti duku. Karena buah langsat ini tidak dapat bertahan lama apabila sudah dipetik. Bahkan dalam tiga hari setelah dipetik, kulit dari buah langsat akan menghitam sekalipun itu tidak merusak rasa manisnya. Karena hanya tampilannya saja yang tidak menarik.

Kandungan Nutrisi Buah Langsat

Dalam 100 gram buah langsat terkandung kalori 70 kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. (untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi, buah langsat setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan apel atau jeruk).

Manfaat Langsat

Dengan banyaknya nutrisi didalam buah langsat tidak dipungkiri bahwa ada banyak sekali manfaat buah langsat seperti:

  1. Buah langsat juga mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan (biji duku ditumbuk untuk obat cacing dan demam).
  2. Kulit buahnya mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker, selain itu juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam.
  3. Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri.
  4. Dapat memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  5. Sedangkan untuk bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat anti diare dan menurunkan demam. buah langsat.
  6. Bubuk biji digunakan untuk mengurangi demam, dan kulit digunakan untuk mengobati malaria dan sengatan kalajengking.

Demikian sekilas mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah langsat, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
buah langsat, manfaat buah langsat, manfaat langsat

Manfaat Buah Langsat | chsa | 4.5