Loading...

Manfaat Buah Kedondong

Gambar dan Manfaat Buah KedondongKedongong – Buah kedondong ini pada umumnya banyak digunakan sebagai manisan atau di rujak. Rasanya manis agak masam membuat buah ini segar ketika di konsumsi. Kedondong memiliki nama latin Spondias Dulcis Forst, dengan memiliki ketinggian pohon mencapai 25 meter.

Tanaman kedodong ini baru akan berbuah ketika berumur tiga tahun semenjak ditanam. Buah kedondong ketika sudah siap dipanen memiliki ukuran yang maksimal, padat serta memiliki warn akulit hijau kekuningan.

Daging buahnya berasa manis, sedikit asam, tekstur renyah dan mengandung cukup cairan. Buah kedondong ini mengandung asam organik yang cukup banyak, sehingga rasanya agak asam. Kadar sukrosa pada buah matang mencapai 8-10,5 g/10g, sehingga rasanya menjadi manis.

Dalam tiap 100 gram buah mengandung 60-85 gram air, 0,5–0,8 gram protein, 0,3–1,8 gram lemak, 8-10,5 gram sukrosa, 0,85-3,60 gram serat. Daging buahnya merupakan sumber vitamin C dan besi. Buah yang belum matang mengandung pektin sekitar 10 persen.

Dengan kandungan nutrisi yang banyak dari buah kedondong, dapat dimanfaatkan sebagai:

Daun dapat digunakan sebagai Lalap
Daun kedondong merupakan daun majemuk bersirip dengan 4-12 pasang anak daun, berwarna hijau muda hingga hijau tua. Di beberapa daerah, daun kedondong muda dapat dikukus atau direbus dan digunakan sebagai lalapan dicampur dengan sambal. Terlebih lagi ketika dimakan dengan nasi yang masih hangat.

Untuk Kesehatan Pencernaan
Kandungan vitamin C yang ada di kedondong mencapai sekitar 30-50 mg per 100 gram daging buah, selain kalsiuam, fosfor, besi dan vitamin A dalam jumlah cukup banyak. Kandungan seratnya sebesar 0,85-3,60 g/100 g, sehingga bermanfaat untuk pemeliharana kesehatan saluran pencernaan.

Untuk Mengobati Disentri
Caranya adalah ambil kulit pohon kedondong sekitar 5 gr. Pilih kulit yang segar lalu bersihkan. Setelah itu diiris dalam bentuk kecil-kecil dan rebus bersama 2 air gelas hingga tersisa setengahnya. Kemudian diamkan agar lebih hangat, lalu saring dan minum airnya, sehari dua kali pagi dan sore.

Untuk mengatasi batuk
Caranya dengan mengambil daun kedondong yang segar 3 atau 4 lembar. Lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah masak dan air tinggal setengahnya lalu diamkan agar hangat. Setelah itu saring dan minum airnya. Akan lebih enak bila ramuan-ramuan tersebut diminum dengan menambahkan madu.

loading...
Loading...
gambar kedondong, Gambar buah kedondong

Manfaat Buah Kedondong | chsa | 4.5