Loading...

Manfaat Buah Enau yang Harus Anda Tahu

Buah Enau mungkin masih akan terasa asing terdengar di telingan sebagian besar orang karena buah yang satu ini masih belum umum dikenal khalayak. Buah enau lebih dikenal dengan nama buah Aren yang merupakan jenis tanaman serba guna dan dilindungi oleh undang-undang. Jika dicari tahu lebih dalam lagi, ternyata tanaman dengan nama latin Arenga Pinnata tersebut menyimpan banyak sekali manfaat bagi manusia, utamanya bagi kesehatan karena buah dari pohon aren ini memiliki segudang kandungan nutrisi positif yang bisa membawa perkembangan pada kesehatan manusia.

Adapun nama lain dari buah Enau ini tidak lain adalah nau, peluluk, hanau, biluluk, juk, kabung, ataupun ijuk. Nama-nama tersebut bergantung pada daerah yang akan menyebutnya. Berbicara tentang manfaat, pohon aren dan buah Enau ini memiliki banyak sekali manfaat. Sebut saja tulang daun yang dapat disulap menjadi sapu lidi atau tempat untuk meletakkan periuk atau kendi. Selain itu, buahnya dapat diolah menjadi manisan dan campuran kolak yang memiliki rasa bukan main lezatnya. Setelah ada daun dan buah, ada pula ijuk yang berfungsi sebagai bahan pembuat sapu atau tali pengikat kerbau dan juga sebagai atap rumah.

Tidak hanya itu, buah Enau juga dapat memberi manfaat dalam dunia kesehatan sebagai obat herbal. Adapun penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan lewat perantara buah Enau antara lain:

1. Dapat meredakan demam.
Jika anda ingin meringankan demam dengan menggunakan buah Enau, maka yang harus anda siapkan adalah segelas air hangat dan sepotong gula aren, yang selanjutnya harus dicampur dan diaduk hingga tercampur rata. Setelah rata, minumlah ramuan tersebutuntuk menurunkan panas seseorang.

2. Dapat mengobati sakit perut.
Selain demam, buah Enau juga bisa menyembuhkan sakit perut. Cara untuk menyembuhkan sakit perut dengan perantara buah Enau adalah dengan menyiapkan segelas air hangat, asam yang sudah ada dalam keadaan masak dan sepotong gula aren. Campurlah semua bahan itu dan aduk hingga rata. Saringlah terlebih dahulu sebelum diminum sebagai obat.

3. Dapat mengatasi gangguan pada perut, seperti sembelit.
Untuk mengatasi sembelit cukup dengan mencampur segelas air hangat dan sepotong gula aren kemudian meminumnya.

loading...
Loading...
Manfaat Buah Enau yang Harus Anda Tahu | lawas | 4.5