Loading...

Manfaat Buah Benda

Gambar Buah BendaPernah mendengar buah benda? Asing memang kedengarannya di telinga kita. Buah benda atau yang juga memiliki nama laon tekalong atau terap ini masih satu marga dengan buah nangka. Dimana buahnya sangat mirip dengan buah timbul atau kulur, dengan memiliki ciri khas memiliki banyak tonjolan berupa duri lunak yang panjang dan pendek dan agak lengket. Buah Benda ini memiliki nama ilmiah Artocarpus elasticus.

Pohon dari buah benda ini relative memiliki ukuran sedang, bahkan jarang mencapai ketinggian 45m. Namun batangnya bebas bercabang hingga mencapai ukuran 30m. Pada umumnya musim bunga dari buah benda ini akan berlangsung pada bulan Juni – Agustus, dan mulai akan berbuah sekitar bulan Oktober – Desember.

Buah benda ini jika masak memiliki warna coklat kekuning-kuningan dengan permukaannya memiliki duri runcing lunak dengan ukuran yang tidak sama. Secara sepintas daun dan buahnya hampir mirip dengan keluwih.

Buah benda yang sudah matang jika dimakan akan terasa segar, bahkan bijinya pun dapat digoreng ataupun direbus. Namun jika belum masak, Anda dapat merebusnya terlebih dahulu. Bahkan buah benda yang muda dapat digulai seperti nangka, namun jika sudah tua dapat dimakan secara langsung.

Manfaat dari pohon benda ini dari getah hingga buahnya dapat dimanfaatkan sebagai obat. Oleh sukuMentawai, biji dari buah benda ini biasa dijadikan minyak rambut. Bahkan jika anda menyeduhnya dengan air panas dipercaya dapat membatasi jumlah kelahiran dengan cara meminumnya sehari sekali dalam tiga hari berturut-turut. Kulit batang benda berkhasiat sebagai obat sakit perut. Jika Anda kebetulan sedang mencret atau diare, getah dari buah benda ini dapat digunakan sebagai obat mencret dan diare.

Kulit batang benda bisa dibuat menjadi sabuk untuk diikatkan di perut, caranya kulit batang benda dicampur dengan kulit batang sukun, kemudian dipukul-pukul. Daun, buah, dan pepagannya mengandung saponin dan polifenol, flavonoida juga terkandung pada buah dan daun. Bahkan di Pattani, Thailand, daun benda dipergunakan untuk mengatasi cacing gelang dengan cara pemakaian lokal. Untuk Anda pecinta burung, anda bisa menggunakan getah benda sebagai perekat untuk menjerat burung.

loading...
Loading...
buah benda

Manfaat Buah Benda | chsa | 4.5