Loading...

Manfaat Buah Baguk

Gambar Buah Baguk - Manfaat Buah BagukAnda tentu penasaran dengan buah yang satu ini. Ya, buah baguk, atau yang dalam bahasa minangkabau (orang padang) menyebutnya dengan buah baguak ini sebenarnya adalah buah (atau biji?) melinjo. Adapun nama latin buah baguk atau melinjo adalah Gnetum gnemon Linn atau yang dalam bahasa Sunda disebut juga dengan istilah Tangil.

Pada umumnya tanaman ini hidup di daerah tropis dan merupakan jenis tanaman spesies biji terbuka. Untuk di Indonesia sendiri baguk banyak ditanam di pekarang yang biasanya difungsikan sebagai peneduh dan dapat pula dimanfaatkan baik itu buahnya ataupun daunnya.

Dari varian Gnetum yang lainnya, memang melinjo ini memang berbentuk pohon yang membedakan dengan varietas di keluarga Gnetum. Baguk sendiri memang sangat jarang untuk dibudidayakan secara intensif. Padahal sebenarnya kayunya dapat digunakan sebagai bahan papan dan juga alat untuk keperluan rumah tangga yang sederhana.

Sedangkan daun mudanya dapat digunakan untuk sayur, dan buah baguk sendiri dapat digunakan sebagai bahan baku emping. Untuk kandungan nutrisi dari baguk ini sendiri berdasarkan penelitian dapat menghasilkan sebuah senyawa antioksidan.

Dimana disetiap kandungan buah baguk aktivitas antioksidannya sekitar 9-10 persen diperoleh dari konsentrasi protein yang cukup tinggi. Dimana protein utamanya memiliki ukuran 30 kilo Dalton yang berfungsi untuk menghabisi radikal bebas yang menjadi penyebab dari beragam penyakit.

Tidak hanya itu saja, buah baguk juga memiliki kandungan antimikroba yang alami. Dengan demikian berarti bahwa protein yang ada di dalam kandungan buah baguk ini dapat digunakan sebagai pengawet alami makanan dan sebagai obat dari peyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Selain itu Peptida yang telah diisolasi dari buah baguk memiliki potensi aktif untuk menghambat beberapa jenis bakteri.

loading...
Loading...
buah baguk

Manfaat Buah Baguk | chsa | 4.5