Loading...

Manfaat Brokoli Bagi Tubuh dan Kesehatan

Jenis tanaman sayuran yang sudah sejak masa yunani kuno ini dibudidayakan memang memiliki kandungan yang sangat banyak. Brokoli sendiri masuk ke tanah indonesia pada tahun 70-an, dan kini sangat populer dijadikan sebagai bahan pangan. Bokoli merupakan jenis tanaman atau tepatnya sayuran yang masih satu sepesian dengan kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sayuran ini memang sepintas mirip sekali dengan kembang kol atau bunga kol, namun bedanya brokoli memiliki warna yang lebih hijau dibanding kembang kol yang sedikit putih.

Tanaman brokoli telah dipercaya banyak kalangan sebagai tanaman yang memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Biasanya brokoli dikonsumsi dengan berbagai macam cara, baik dijadikan menu sayuran atau bisa juga langsung di konsumsi. Namun penelitian menganjurkan untuk mengkonsumsi brokoli dengan baik yakni dengan merebusnya saja. Pasalnya hanya dengan merebusnya maka kita tidak akan kehilangan kandungan dan vitamin yang ada pada brokoli akibat terlalu lama proses pengolahan brokoli ini. Dan berikut ini merupakan macam-macam Kandungan yang dimiki oleh brokoli :

Kandungan Brokoli :

1. Vitamin C dan E

2. Mikronutrien atau zat besi, zinc, dan manganese

3. Makronutrien atau kalsium dan magnesium

4. Serat diet, glutamin / asam amino yang kaya akan zat anti peradangan

5. Fitokimiawi tumbuhan seperti flavonoid, polifenol, karoten, karotenoid, glukosinolat, lutein, dan zeaxanthin

Kandungan-kandungan zat dan vitamin yang tertera di atas memang banyak sekali manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan kita. Banyak para ilmuan dan ahli gizi telah mengakui bahwa tubuhan yang berjenis sayuran ini kaya akan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Setelah mengetahui semua kandungan yang ada pada brokoli, maka selanjutnya kita akan mencari tahu mengenai apa saja yang menjadi manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Tumbuhan Brokoli :

1. Pencegah stroke. Kandungan sulforaphane yang ada di dalam brokoli ini berfungsi untuk memperkuat imunitas (sistem kekebalan tubuh) untuk mencegah penyumbatan di pembuluh darah arteri.

2. Mencegah Sembelit. Brokoli yang kaya akan serat ini mampu mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

3. Sebagai Anti Oksidan. Kandungan vitamin dan flavonol, fenolik bisa dijadikan sebagai anti oksidan bagi tubuh kita yang mampu melawan racun yang mengendap dalam jaringan tubuh dan pencernaan.

4. Sebagi penambah stamina. Mengkonsumsi brokoli secara sering sangat bagus karena zat yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan dan menambah tingkat kesuburan pria ataupun wanita.

Dengan mengetahui manfaat dari brokoli, semoga bisa menjadikan anda semakin bersemangat untuk mengonsumsi sayuran hijau dan sehat ini.

loading...
Loading...
Manfaat Brokoli Bagi Tubuh dan Kesehatan | akbar | 4.5