Loading...

Manfaat Biji Gandum untuk Kesehatan

Gambar Biji Gandum. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Biji GandumSelama ini Anda tahu bahwa gandum ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Tanaman gandum ini adalah kelompok tanaman serealia yang berasal dari suku padi-padian.

Biasanya gandum digunakan diproduksi sebagai tepung terigu, pakan ternak ataupun dapat difermentasi untuk dapat menghasilkan alkohol. Gandum memiliki biji yang berbentuk oval dengan memiliki ukuran panjang 6-8 mm dan diameter 2-3 mm.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi dari gandum. Berdasarkan penelitian, gandum memiliki banyak vitamin, mineral, dan serat. Selain itu gandum memiliki kandungan saponin, fitosterol, squalen, dan orisanol serta tokotrienol yang dapat menurunkan kandungan kolestrol di dalam darah. Ditambah lagi gandum mempunyai kandungan kalsium, folic acid, vitamin B6, vitamin A serta E dan juga zat besi.

Sehingga tidak mengherankan jika ada banyak sekali manfaat dari gandum, seperti:

1. Untuk mempelancar pencernaan
Biji gandum yang memiliki kandungan serta tinggi dapat membantu mengatasi permasalah pencernaan, seperti susah buang air besar dan dapat juga berperan untuk mengikat lemak jenuh yang berasal dari makanan. Selain itu gandum juga memiliki komponen prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan dari saluran pencernaan.

2. Untuk diet
Biji gandum memiliki karbohidrat yang cukup dengan ditambah beberapa nutrisi seperti protein, serat, dan beragam mineral. Sehingga tidak dipungkiri bahwa gandum sangat baik untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

3. Sangat bagus bagi para penderita jantung dan kolesterol
Gandum memiliki kandungan serat yang dapat mengikat kolesterol dan langsung membuangnya ke usus besar tanpa melalui usus halus untuk diserap. Bahkan kandungan asam folat dalam gandum sangat baik untuk mengurangi adanya kelebihan kolesterol di dalam darah.

4. Mencegah penyakit diabetes
Pada umumnya gandum yang sudah diolah menjadi produk makanan memiliki kandungan gula yang rendah. Tidak dipungkiri bahwa kandungan gula gandum relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan karbohidrat yang lainnya seperti beras. Walaupun kandungan karbohidratnya rendah, namun masih dapat menjangkau aktifitas sehari-hari Anda. Sehingga tak jarang penderita diabetes menjadikan gandum sebagai alternatif diet hariannya.

Demikian sekilas info mengenai gandum, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
biji gandum, gambar gandum, poto biji gandum

Manfaat Biji Gandum untuk Kesehatan | chsa | 4.5