Loading...

Manfaat Bawang Merah atau Brambang

Gambar Bawang Merah atau Brambang - Manfaat Bawang Merah untuk KesehatanBawang merah merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang selalu hadir bersama dengan bawang putih. Nama lain dari bawang merah adalah brambang, atau dalam bahasa laitin disebut dengan Allium cepa. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari bawang merah adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan.

Bawang merah mengdung senyawa quercetin yang merupakan senyawa polifenol dalam keluarga antioksidan flavonoid. Senyawa quercetin terkait dengan penurunan risiko kanker karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Quercetin juga merupakan obat alami untuk mengatasi arthritis dan penyakit lain yang disebabkan oleh peradangan.

Senyawa sehat tersebut juga diduga juga bisa untuk meningkatkan kesehatan prostat pada pria dan mungkin juga bisa menjadi senjata yang efektif melawan kanker prostat. Bawang merah juga mempunyai sifat antihistamin alami sehingga bisa mengurangi reaksi alergi.

Selain itu, bawang merah juga mengandung vitamin C, tembaga, kalsium, vitamin A, dan vitamin E dengan kadar yang tinggi. Seperti diketahui bahwa vitamin A, E dan C merupakan antioksidan yang sangat baik. Sedangkan tembaga adalah mineral yang penting dalam pemeliharaan kesehatan tulang dan sendi untuk mencegah osteoporosis.

Bawang merah juga diketahui mengandung senyawa belerang yang bermanfaat untuk kesehatan. Belerang pada bawang merah ini bertanggung jawab terhadap rasa pedas, aroma bawang merah dan pelepasan gas yang mengiritasi mata ketika bawang merah dipotong.

Senyawa belerang juga membantu mencegah pembekuan darah dan bisa bertindak sebagai pengencer darah alami. Hal ini bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

Kandungan belerang dalam bawang merah juga bertanggung jawab atas sifat antimikroba dan antibakteri yang ampuh serta dianggap sebagai nutrisi untuk memerangi sel kanker. Ada juga bukti bahwa belerang yang ditemukan dalam bawang merah bisa mengatasi gejala asma dan masalah pernapasan lainnya yang terkait dengan peradangan.

Hasil dari sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bawang merah bisa membantu menangkal gangguan usus dan lambung. Mengonsumsi bawang merah dalam jumlah yang tinggi telah dikaitkan dengan rendahnya risiko terhadap kanker usus dan kanker kolorektal.

Organisme dalam bawang merah diperkirakan mampu mendorong pertumbuhan bakteri sehat dalam usus sambil menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

loading...
Loading...
brambang, khasiat bawang merah untuk lelaki, bawang merah bisa memerahkan bibir, bibir dengan bawang mereh, cara melembabkan bibir dg bawang merah, manpaat bawang merah, merahkan bibir dengan bawang merah

Manfaat Bawang Merah atau Brambang | chsa | 4.5