Loading...

Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Jam berapa Anda bangun pagi hari ini? Atau malah bangun kesiangan karena begadang atau kerja lembur semalam?
Bangun pagi bagi sebagian orang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun tahukah Anda kalau bangun pagi itu sangat bermanfaat?

Selain membuat Anda jadi tidak terburu-buru karena harus antri mandi hingga macet, bangun pagi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

1. Menghirup udara segar
Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk mengirup udara segar dengan tingkat polusi rendah. Kualitas oksigen yang baik ini akan memaksimalkan kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kalsium dan vitamin D
Bangun pagi juga memberi kesempatan tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk menutrisi tulang. Paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap terbaik untuk memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D.

3. Indeks massa tubuh lebih ideal
Bangun pagi memengaruhi indeks massa tubuh mungkin terkait dengan kesempatan sarapan. Mereka yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol.

Jika Anda melewatkan sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Kondisi ini justru akan membuat seseorang makan berlebihan pada siang dan malam hari.

4. Meningkatkan keharmonisan
Bangun pagi juga menunjang kehidupan seksual bagi pasangan berumah tangga. Ini terkait fakta ilmiah yang mengatakan bahwa hasrat bercinta pria pada pagi hari lebih tinggi daripada malam hari.

5. Suasana hati selalu baik
Orang yang bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari atau yang disebut ‘early morning blues’. Bangun pagi akan membuat Anda selalu berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.

loading...
Loading...
Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan | lawas | 4.5