Loading...

Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

Manfaat Air Susu IbuASI atau Air Susu Ibu adalah makanan terbaik bagi bayi. Dokter pun menyarankan agar bayi yang baru lahir diberikan ASI secara eksklusif hingga usia 6 bulan.

Seperti yang dikutip dari laman Healthmeup, berikut adalah manfaat ASI yang harus ibu tahu:

1. ASI adalah nutrisi yang sempurna yang dibutuhkan bayi
ASI memiliki keseimbangan nutrisi sempurna yang dibutuhkan bayi yang baru lahir. ASI juga memiliki jumlah lemak yang tepat, dimana dibutuhkan untuk pertumbuhan otaknya. Selain itu, ASI bisa membuat lebih cerdas dan memiliki IQ lebih tinggi ketimbang bayi yang diberi minum susu formula dan susu lainnya.

2. ASI memiliki antibodi dan enzim
Dengan adanya antibodi dan enzim pada ASI, bayi akan terlindungi dari infeksi dan juga mencegah jatuh sakit. Saat bayi sehat, hal itu membantu melindungi bayi dari infeksi dan juga mencegah bayi mudah terserang penyakit. Saat bayi sehat, nutrisi dari susu dan sumber-sumber lain akan mencapai otak mereka secara langsung, alhasil otaknya tumbuh secara normal dan tubuhnya tetap sehat. Inilah alasan mengapa bayi yang baru lahir harus diberi ASI.

3. Ikatan emosional
Para ilmuwan yang sudah melakukan penelitian mengenai manfaat menyusui menemukan, ikatan emosional antara ibu dan anak pada tahap awal juga menjadi alasan IQ bisa jadi lebih tinggi pada masa pertumbuhan. Selain itu, bayi yang diberi ASI secara emosional lebih stabil dan lebih sedikit berisiko terhadap kecanduan alkohol ketimbang yang tak disusui dengan ASI.

Terkait dengn tingkat IQ yang lebih tinggi, sebenarnya masih ada begitu banyak manfaat lain dari menyusui. Misalnya saja adalah anak jadi merasa lebih aman saat ia terus ada di dekat ibunya, dan cukup membuat ikatan antara ibu dan anak lebih dekat.

loading...
Loading...
Manfaat Air Susu Ibu (ASI) | chsa | 4.5