Loading...

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar ASI Melimpah

Ibu yang baru melahirkan perlu menjaga asupan makanan sehat agar produksi ASI-nya terus melimpah sehingga kegiatan untuk memberikan ASI secara eksklusif pada bayinya bisa terus berjalan lancar.

Karena makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan mempengaruhi kualitas dari produksi ASI, maka perlu kiranya ibu mengonsumsi makanan sehat berikut ini:

1. Beras serta biji-bijian yang sejenisnya seperti gandum, jagung, oats, roti, dan lain-lain mengandung nutrisi serta serat yang baik bagi si kecil.

2. Buah dan sayuran segar juga harus hadir dalam menu makanan Anda. Bagus jika Anda selalu memiliki stok buah-buahan dan sayuran segar, sehingga bisa juga menjadi cemilan sehat ketika Anda merasa lapar.

3. Sayuran seperti bayam, kangkung dan katuk juga mengandung zat besi yang baik bagi Anda.

4. Sebisa mungkin hindari makanan kemasan, karena bahan yang segar jauh lebih baik nutrisinya, serta bisa menjadi pasokan energi yang jauh lebih baik, sehingga Anda pun akan merasa kenyang lebih lama.

5. Makanlah jenis makanan yang bervariasi, agar bayi Anda juga memperoleh berbagai macam vitamin yang diperlukannya. Tidak perduli apakah Anda suka makanan tersebut atau tidak.

6. Jangan takut dengan lemak, karena banyak jenis lemak yang baik bagi kesehatan dan perlu Anda konsumsi. Contohnya, minyak zaitun, lemak yang terkandung dalam ikan salmon, alpukat, dan kacang.

7. Konsumsi susu rendah lemak, yoghurt, dan keju sangat baik bagi si kecil, karena mengandung kalsium, protein dan vitamin.

8. Batasi konsumsi lemak jenuh seperti yang terdapat pada daging berlemak, minyak kelapa, serta mentega.

9. Apa yang Anda makan juga akan ikut dimakan oleh bayi Anda. Untuk itu, pastikan Anda bersih dari mengonsumsi zat kimia (misalnya pestisida) yang terkandung dalam makanan. Pastikan Anda mencuci semua buah dan sayuran yang Anda beli, dan untuk lebih amannya, buah-buahan seperti apel, pir dan sejenisnya dikupas dulu kulitnya sebelum Anda makan. Jenis buah dan sayuran yang biasanya lebih aman dari pestisida diantaranya: bawang, jagung manis, kol, kentang manis, jamur, nanas, alpukat, mangga, kiwi, semangka, dan anggur.

10. Konsumsilah ikan dan makanan laut lainnya, karena mengandung nutrisi yang baik untuk Anda dan si kecil, seperti DHA, EPA dan Omega-3. Namun demikian, jangan terlalu banyak memakan tuna atau sardin kalengan – lebih baik ikan segar.

11. Jangan abaikan konsumsi air putih. Minumlah air putih yang cukup. Berapa liter per hari? Yang penting, minumlah setiap kali Anda merasa haus. Jika urin Anda bening atau berwarna sedikit kuning, maka ini pertanda Anda meminum cukup air putih.

loading...
Loading...
Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ibu Menyusui Agar ASI Melimpah | lawas | 4.5