Loading...

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Bisa Cepat Hamil

makanan agar cepat hamilMempunyai anak tentulah sebuah harapan saat seseorang memutuskan untuk menikah. Sayangnya tidak semua wanita bisa dengan mudah hamil dan kemudian melahirkan. Berbagai usaha dilakukan, namun tetap saja hasilnya nihil.

Makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang. Di mana nutrisi berperan dalam pembentukkan DNA -memegang peranan penting dalam pembentukkan dan perkembangan sel benih.

Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui bahwa pria yang sering mengonsumsi asam folat dan seng bisa meningkatkan jumlah sperma normal. Sementara untuk wanita yang diberikan supermentasi asam folat, akan memiliki sel telur yang lebih baik.

Sementara untuk melindungi DNA dan sel-sel lain dari kerusakan karena radikal bebas, dibutuhkan pula antioksidan – dari makanan seperti vitamin A,C,E, seng, selenium. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat dan antioksidan adalah tauge dan buah alpukat.

Tauge

Sudah sejak jaman dulu tauge atau kecambah dipercaya bisa meningkatkan kesuburan. Tauge mempunyai vitamin lebih banyak dibandingkan dengan bentuk bijinya. Selama berkecambah, kadar vitamin B meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat. Demikian juga dengan vitamin E, mengalami peningkatan dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah. Vitamin C yang tidak terdapat dalam biji kedelai, mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 12 mg per 100 gram setelah 48 jam.

Peningkatan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), piridoksin, biotin juga terjadi selama proses berkecambah. Proses berkecambah juga meningkatkan kandungan vitamin E (tokoferol) secara nyata.

Vitamin E memiliki fungsi antara lain untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan). Itulah sebabnya pasangan yang ingin segera memiliki keturunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kecambah.

Alpukat

Kandungan zat yang ada pada buah alpukat sangat diperlukan oleh tubuh. Alpukat mengandung sedikit protein, lemak utamanya asam lemak tidak jenuh omega-9, omega-3, vitamin A, C, E, folat, B6, dan juga berbagai mineral, antara lain seng, copper, mangan, selenium.

Asam lemak tak jenuh dibutuhkan dalam pembentukan sel benih dan dinding sel. Sementara asam lemak tidak jenuh omega-3 merupakan lemak yang penting dalam pembentukkan sperma terutama di ekor sperma.

Sedangkan seng, memegang peranan penting dalam proses reproduksi terutama dalam pembentukkan DNA, pembentukan, pematangan dan keaktifan gerakan sperma. Serta sebagai antioksidan tentunya.

Begitu pula selenium yang berfungsi sebagai antioksidan. Meski demikian, tidak disarankan mengonsumsi banyak alpukat. Karena dalam setiap 100 gr alpukat, mengandung 160 kalori. Bila mengonsumsi dalam jumlah banyak, akan menyebabkan total asupan kalori meningkat. Bila total asupan dalam sehari dari berbagai makanan termasuk alpukat lebih dari kebutuhan dan berjalan lama, maka akan menyebabkan seseorang menjadi kegemukan. Wanita gemuk tentu berisiko sulit hamil.

Yang penting untuk diperhatikan, zat gizi yang terdapat pada tauge maupun alpukat hanya merupakan zat-zat gizi yang memang dibutuhkan oleh tubuh termasuk oleh organ reproduksi walaupun kadarnya tidak banyak. Tentu saja banyak faktor yang memengaruhi seseorang dapat cepat hamil, makanan hanya bersifat sebagai penunjang untuk memenuhi zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan organ reproduksi.

Banyak sekali makanan baik sayuran, buah-buahan juga bahan makanan sumber-sumber protein dan lemak yang mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan dalam pembentukkan sperma dan ovum tersebut. Sebaiknya makanlah makanan secara lengkap dan seimbang sesuai dengan kebutuhan.

loading...
Loading...
Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Bisa Cepat Hamil | chsa | 4.5