Loading...

Makanan Sumber Penghasil Asam Folat

Asam folat atau acid folid merupakan vitamin yang larut dalam air. Semua orang membutuhkan asam folat, mulai dari bayi dalam kandungan, anak-anak hingga orang dewasa. Fungsi asam folat adalah untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia. Wanita yang sedang hamil juga sangat disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Tujuannya adalah untuk mencegah agar bayi tidak lahir prematur atau cacat, termasuk cacat sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect).

Untuk menemukan makanan penghasil asam folat sangatlah mudah, karena sebagian besar makanan tersebut sudah biasa kita konsumsi sehari-hari. Makanan sumber asam folat tersebut diantaranya yaitu

1. Buah-buahan
Buah yang mengandung asam folat yaitu pisang, jeruk, tomat, buah bit, dll.

2. Kacang-kacangan
Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung asam folat. Kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah, dan kacang lainnya memiliki kandungan asam folat yang cukup banyak.

3. Sayur-sayuran
Sayuran yang mengandung asam folat antara lain bayam, kangkung, brokoli, daun bawang dan kentang.

Selain ketiga jenis makanan dia atas, makanan lain seperti sereal dan roti juga banyak mengandung nutrisi asam folat.

Perlu diketahui juga bahwa asam folat merupakan vitamin yang sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan juga suhu tinggi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat asam folat secara sempurna sebaiknya konsumsi makan-makanan tersebut dalam kondisi mentah. Kalaupun harus dimasak, jangan memasak terlalu lama untuk mencegah berkurangnya kandungan asam folat.

loading...
Loading...
asam jawa untuk sembelit, cara mengobati gondongan dengan asam jawa, manfaat asam jawa dan garam

Makanan Sumber Penghasil Asam Folat | lawas | 4.5