Loading...

Makanan sehat untuk balita

Balita atau anak dibawah usia lima tahun memerlukan perhatian khusus dalam setiap asupan makanan yang diterima oleh tubuhnya. Sistem pencernaan yang belum terbentuk dengan baik tentunya mengharuskan anak tersebut untuk mengkonsumsi makanan yang lunak saja, makanan keras dan berminyak sangat tidak disarankan karena akan memperlambat metabolisme tubuhnya.

Agar anak anda yang masih balita dapat bertumbuh secara optimal, cobalah berbagai macam makanan sehat untuk balita yang aman dikonsumsi seperti berikut ini.

Susu
Tak ada alasan mengapa anak anda harus tetap mengkonsumsi susu. Saat ia masih bayi, makanan sehat untuk balita satu-satunya yang boleh dikonsumsi hanyalah susu. Susu juga dapat terus dikonsumsi hingga ia dewasa, namun untuk balita tentunya harus disesuaikan dengan susu yang tepat sesuai usianya.

Bubur
Buatlah bubur sendiri tanpa tambahan bumbu seperti garam atau MSG. Bubur untuk balita memang tawar, namun itu bukanlah soal bagi anak yang indera perasanya masih belum terasah sempurna. Sebaiknya buat bubur sendiri agar lebih aman ketimbang membeli bubur diluar.

Nasi tim
Nasi tim disimpan dalam steam sehingga membuat bahan-bahan didalamnya menjadi lunak dan mudah dicerna oleh tubuh. Namun pastikan bahwa nasi tim tersebut tidak mengandung terlalu banyak lemak atau bumbu penyedap yang menyengat dari olahan dagingnya.

Jus buah
Jika gigi anak masih belum tumbuh atau belum dapat digunakan secara optimal, sebaiknya berikan buah yang sudah diolah menjadi jus. Buah-buahan sangat baik untuk perkembangan anak karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk membantu proses pertumbuhannya.

Asupan gizi dan kalori yang dibutuhkan oleh balita tentu harus diperhatikan dengan seksama. Jangan berikan makanan yang belum tepat untuk dikonsumsi olehnya. Makanan sehat untuk balita yang lebih menyehatkan tentu akan membuatnya terlihat lebih ceria dan bugar.

Loading...
Makanan sehat untuk balita | akbar | 4.5