Loading...

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Sebagai sumber energi konsumsi makanan sangat penting bagi tubuh kita. Namun bila ini dilakukan bersamaan dengan konsumsi obat, maka beberapa jenis makanan dan atau minuman tertetu ternyata bisa menimbulkan interaksi dengan obat tertentu. Ya, beberapa jenis obat dan makanan tertentu memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan. Apa saja itu?

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat

Menurut Dr jane Alder, dosen farmakologi dari University of Central Lancashire, sebagaimana yang dikutip dari laman Dailymail, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikombinasikan dengan obat tertentu karena bila ini dilakukan bisa membuat obat jadi tidak berguna dan bahkan mungkin justru berbahaya. Diantaranya adalah:

1. Daging panggang dengan obat asma
Terutama untuk anda yang menderita sakit asma, maka anda harus menghindari daging panggang karena kandungan karbonnya bisa membentuk senyawa yang mencegah obat asma dengan teofilinn bekerja secara optimal. Selain itu karbon ini juga dapat memicu serangan asma walaupun anda sudah minum obat.

2. Makanan produk susu dan antibiotik
Kalsium dalam susu bisa mengikat tetrasiklik dan minosiklik dari antibiotik. Bila kandungan antibiotik ini digabung dengan mineral, maka akan membuatnya tidak larut dalam usus sehingga tidak diserap oleh tubuh. Mengonsumsi susu setengah liter bisa mengurangi efektivitas antibiotik hingga 80 persen. Kalsium juga bisa mengganggu penyerapan obat osteoporosis. Karenanya sebaiknya hindari minum susu dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

3. Jus buah
Grapefruit memiliki kandungan senyawa yang disebut dengan furanokumarin yang bisa mencegah enzim dalam usus untuk menjaga benda asing tetap berada di luar, sehingga tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini akan membuat lebih banyak obat yang diserap sehingga efektivitasnya bisa 2-3 kali lipat dari dosis yang dianjurkan.

Sebaiknya tidak mencampur jus grapefruit dengan obat untuk mengobati irama jantung abnormal, antidepresan, antihistamin (obat alergi), statin dan obat anti kejang. Sedangkan jus cranberry dan jus delima bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah obat dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan penurunan efektifitas obat.

4. Makanan fermentasi
Makanan hasil fermentasi seperti keju yang mengandung tyramine dalam konsentrasi tinggi bisa menyebabkan ‘sindrom keju’. Tyramine akan bereaksi dengan obat antidepresan yang disebut monoamine oxidase inhibitor (MAOIs) dengan mencegah enzim yang berfungsi mencerna senyawa. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berbahaya.

5. Makanan berserat
Makanan yang tinggi serat bisa memperlambat penyebaran banyak obat termasuk digoxin yang digunakan untuk mengatur detak jantung tidak teratur, obat diabetes metformin dan mencegah penyerapan obat penurun kolesterol statin. Tapi bukan berarti makanan berserat harus dihilangkan dari menu makanan, namun anda dianjurkan untuk menghindari mengonsumsinya dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

6. Sayuran hijau
Sebagian besar sayuran hijau termasuk kol, bayam dan teh hijau memiliki kandungan kadar vitamin K yang tinggi dan bisa memicu pembekuan darah. Maka bila anda mengonsumsi sayuran tersebut bersama dengan obat pengencer darah, ini akan membuatnya menjadi tidak berguna.

Cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk menghindari hal yang mungkin tidak diinginkan tentunya adalah dengan meminta saran dari dokter terkait makanan dan minuman yang ingin anda konsumsi. Karena dengan demikian dokter akan lebih tahu dan memberikan penjelasan mengenai apa-apa saja pantangan sebelum dan setelah makan atau minum obat dari yang akan anda konsumsi tersebut. Ini tentunya sangat berguna untuk mencegah dari kesia-siaan dari konsumsi obat yang anda lakukan.

loading...
Loading...
obat agar bisa kentut di apotik, bahaya minum obat setelah makan pete, obat generik untuk melancarkan peredaran darah, minum obat lalu minum wedang jahe, makan es krim setelah minum obat, obat tradisional gusi turun, obat lier, obat cacing babi tradisional, obat canon, habis minum obat makan ketan, obat muriangan, cara membuat wedang jahe obat mual, cara menggunakan salicyl spiritus, cara menghilangkan panu dengan spiritus, minum jahe setelah minum obat boleh kah, meme pegel linu, apakah habis makan tape boleh minum obat, paracetamol untuk lovebird, Setelah minum obat bolehkah makan es krim, abis minum obat apa boleh minum yakult, makan tape sama minum obat, yusi obat, bolehka habis minum yakul terus minum obat, efek samping Obat champion, cara mengolah terong susu untuk obat, cara pengobatan dengan terong susu, cara mengobati kurap babi, bolehkah habis makan pete minum obat, aturan minum obat inflesco, boleh tidak minum bandrek setelah mkan obat

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat | akbar | 4.5