Loading...

Makanan dan Minuman yang Tidak Baik untuk Kesehatan Tulang

Hindari Kopi Agar Tulang Sehat. Makanan dan Minuman yang Bikin Tulang Tidak Sehat dan RapuhUntuk menjaga kepadatan tulang tubuh tidak hanya membutuhkan kalsium, namun juga dibutuhkan vitamin D yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium. Selain itu, kepadatan tulang juga perlu dipertahankan dengan menjalankan gaya hidup sehat. Seperti tidak merokok dan latihan fisik.

Walau demikian, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, ada sejumlah makanan yang bisa menggagalkan usaha anda untuk mempertahankan kepadatan tulang. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang tidak baik untuk kesehatan tulang yang sebaiknya anda waspadai:

1. Kopi
Kopi mengandung kafein yang bisa mempengaruhi penyerapan kalsium. Semakin banyak kalsium yang dibuang dalam urin ketika konsumsi kafein tinggi. Walau demikian, efeknya relatif kecil dan tidak cukup berpengaruh buruk jika anda melakukan diet kaya kalsium.

2. Soda
Selain kafein, soda juga masuk dalam daftar minuman yang harus dihindari. Kelebihan phosphorus yang dibawa ogisohoric acid dalam cola akan mempengaruhi penyerapan kalsium. Daripada harus mengkonsumsi soda, lebih baik anda pertimbangkan untuk mengkonsumsi minuman sehat seperti susu.

3. Garam
Garam termasuk salah satu bumbu masakan yang mungkin tidak akan bisa kita tinggalkan untuk tidak mengonsumsinya walau hanya sehari. Namun tahukah anda bahwa semakin banyak anda mengonsumsi garam, maka akan semakin banyak juga kalsium yang dibuang melalui urin dan keringat. Karena itu, sebaik anda kurangi konsumsi garam. Adapun jumlah konsumsi garam yang disarankan adalah maksimal 2.300 miligram per hari.

4. Alkohol
Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa meningkatkan kerapuhan tulang di masa tua anda. Karena itu, sebaiknya anda hindari minum alkohol mulai sekarang juga.

5. Protein
Dalam porsi yang tepat, protein memang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan tulang yang kuat. Namun demikian, asupan protein yang berlebihan akan mempengaruhi keseimbangan pH (asam) pada tubuh yang pada akhirnya akan menyebabkan mudahnya terjadi pengeroposan tulang. Bila secara normal pria membutuhkan 56 gram protein, maka wanita membutuhkan 46 gram protein per hari.

loading...
Loading...
Makanan dan Minuman yang Tidak Baik untuk Kesehatan Tulang | chsa | 4.5