Loading...

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Terkadang meski tubuh sudah begitu capek dan ingin segera memejamkan mata untuk beristirahat, namun mata tidak juga mau berkompromi dan begitu sulit untuk bisa terlelap dan tidur.

Salah satu manfaat dari tidur di malam hari adalah untuk mengembalikan stamina tubuh sehingga ketika bangun di pagi hari nanti tubuh merasa segar dan bugar. Hasilnya, semangat untuk menjalani aktivitas keseharian pun semakin tinggi.

Namun tidak jarang meski tubuh sudah begitu capek dan meski mata sudah mengantuk, nyatanya tetap saja sulit mata untuk diajak tidur. Bahkan seringkali saat tidur pun tiba-tiba terbangun.

Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda. Karena selain menyebabkan rasa kantuk tetap ada, semangat dan moot pun bisa menjadi semakin buruk hingga akhirnya akan mengacaukan segalanya.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Sebelum Tidur Agar Tidur Bisa Nyenyak dan Tidak terganggu

Saat anda merasa kesulitan tidur di malam hari dan sering terbangun di tengah malam, mungkin ada yang salah dengan apa yang anda makan dan minum menjelang beranjak ke tempat tidur. Karena beberapa makanan minuman tertentu memang bisa menjadikan anda menjadi kesulitan tidur di malam hari. Apa sajakah itu?

Seseorang yang sering kesulitan tidur, bisa jadi hal ini disebabkan oleh apa yang dikonsumsi dari makanan atau minuman 2-3 jam sebelum tidur. Karena sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari sebelum tidur. Berikut ini diantaranya:

1. Makanan yang pedas
Makanan pedas bisa menyebabkan timbulnya asam refluks, sehingga membuat tidur anda menjadi tidak nyaman, bahkan sampai terbangun di tengah malam. Tidak hanya itu saja, karena makanan pedas juga membuat anda akan mengalami susah tidur hingga akhirnya mengakibatkan insomnia. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur.

2. Minuman yang memiliki kandungan kafein
Minuman memiliki kandungan kafein di dalamnya merupakan salah satu asupan terburuk sebelum tidur. Hal ini karena minuman mengandung kafein bisa merusak kualitas tidur anda. Penting untuk diketahui bahwa minuman yang memiliki kandungan kafein tidak hanya kopi saja, akan tetapi juga kafein terdapat pada minuman teh atau minuman yang bersoda.

3. Minuman yang beralkohol
Alkohol bisa membangunkan anda di tengah malam, baik itu karena menimbulkan keinginan untuk buang air kecil atau lainnya. Tidak hanya itu saja, karena minum alkohol di malam hari juga bisa merusak kualitas tidur anda.

Itulah mungkin beberapa makanan dan minuman yang perlu untuk dihindari untuk dikonsumsi di malam hari menjelang waktu tidur agar tidak mengganggu kualitas tidur karena anda kesulitan tidur atau mungkin sering terbangun di tengah malam saat tidur. Hindarilah untuk mengonsumsi makanan dan minuman penyebab susah tidur di atas setidaknya 2-3 jam menjelang waktu tidur anda.

loading...
Loading...
Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari untuk Dikonsumsi Sebelum Tidur | akbar | 4.5