Loading...

Makan Apel Tanpa Dicuci Sama Dengan Anda Makan Lilin

Bukan rahasia lagi jika apel merupakan buah ajaib yang kaya akan manfaat. Bahkan karena begitu banyaknya manfaat buah apel untuk kesehatan tubuh hingga ada pribahasa yang mengatakan “an apple a day keeps the doctor away”, sebuah apel dalam satu hari akan membuatmu tetap sehat (menjauh dari dokter).

Namun tahukah Anda jika makan apel tanpa terlebih dahulu dicuci itu sama saja dengan Anda makan atau mengunyah lilin?

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain sehat, apel juga bisa mengenyangkan. Tapi, hanya segelintir orang yang terlebih dahulu mencuci apel sebelum mengonsumsinya. Padahal, makan apel yang tidak cuci sama saja seperti mengunyah lilin, apalagi jika apel yang dikonsumsi adalah apel impor.

Menurut dokter ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp. GK, di kulit buah apel terdapat zat kimia lilin yang disemprotkan saat buah apel hendak diimpor ke masing-masing negara. Karenanya, sangat dianjurkan mencuci apel terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

“Cara mencucinya gampang. Dicuci dengan air hangat, jangan air panas. Selesai dicuci, ambil pisau lalu dikerik. Lihat, pasti ada serbuk warna putih yang menempel di pisau,” kata Samuel, dalam acara ‘Be Frutarian: Small Action, BIG Difference’, Selasa (30/4/2013)

Pada saat dicuci jangan takut lembek. Karena mencuci dengan air hangat tidak akan membuat apel menjadi lembek. “Jangan jadi koboi. Begitu mau makan buah, cuma dibersihin di baju, lalu di makan. Itu sama saja makan lilin, bukan apel,” tutur Samuel.

loading...
Loading...
Batuk boleh makan apel

Makan Apel Tanpa Dicuci Sama Dengan Anda Makan Lilin | lawas | 4.5