Loading...

Kuret Menyebabkan Wanita Sulit Hamil Lagi, Benarkah?

Kehamilan, momen yang begitu ditunggu, terutama oleh para calon ibu. Namun bukan tidak mungkin akhirnya kabar yang membahagiakan tersebut akhirnya berhenti ditengah jalan, karena si calon ibu diharuskan untuk melakukan kuret. Lantas, apa sih kuret itu?

Dalam dunia medis, kuret dikenal juga dengan istilah dilatasi atau kuretasi. Yaitu tindakan pembedahan berupa pembersihan di dalam dinding rahim. Adapun bagian yang dikuret adalah lapisan yang menebal dikarenakan pembuahan ovum yang menjadi bantalan untuk janin atau dikenal dengan endometrium.

Resiko atau Efek Samping Setelah Kuret Tidak Bisa Hamil Lagi

Tidak Bisa Hamil Setelah Kuret

Apakah Setelah Kuret Bisa Hamil Lagi?

Banyak orang yang mengkhawatirkan jikalau setelah kuret akan menyebabkan wanita sulit hamil. Padahal, anggapan jika kuret menjadi biang keladi seorang wanita susah punya anak sama sekali tidak benar. Karena bisa tidaknya seseorang untuk memiliki anak setelah dikuret tergantung dari tingkat kesuburan pasangan tersebut. Bahkan bila kondisi kesuburannya tinggi, dikuret hingga 10 kali pun dia tetap bisa hamil. Begitu juga sebaliknya, tanpa dikuret banyak juga wanita yang tidak bisa hamil karena bermasalah dengan kesuburannya.

Alasan Kenapa Sulit Hamil Setelah Melakukan Dikuret

Perlu diketahui bahwa proses kuretasi memang bisa memberikan dampak atau resiko seperti misalnya perdarahan, robeknya dinding rahim, sindrom assehrman dan juga infeksi pada rahim. Resiko tersebut sangat mungkin terjadi bila tindakan kuretasi tidak dilakukan oleh tenaga medis profesional (dokter spesialis kandungan). Karenanya, untuk meminimalisir resiko kemungkinan buruk setelah melakukan kuret, pastikan tindakan tersebut dilakukan oleh tenaga medis profesional.

Ada beberapa faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab kenapa setelah kuret cukup lama namun tidak juga kunjung bisa hamil lagi. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh:

  • Masih belum kembali normalnya aktivitas hormonal
  • Jaringan rahim masih dalam proses penyembuhan
  • Belum teraturnya siklus menstruasi, hal ini berakibat pada sulitnya menetapkan masa subur
  • Kurangnya frekuensi hubungan seksual bersama pasangan
  • Stres atau ketegangan fisik maupun mental dari kedua pasangan
  • Dimungkinkan adanya masalah pada pria seperti kurangnya tingkat kesuburan atau masalah pada organ reproduksi.
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita (endometriosis, dll).

Tips Cara Cepat Hamil Setelah Kuret

Bila wanita tidak juga kunjung hamil setelah melakukan kuret, maka ada baiknya untuk mencoba menerapkan beberapa tips agar bisa segera hamil setelah kuret. Diantaranya dengan:

  1. Menetapkan masa subur, dan melakukan hubungan seksual dengan frekuensi sering pada masa itu. Hal ini untuk meningkatkan peluang terjadinya pembuahan.
  2. Hindari stres berlebihan. Stres bisa mengganggu masa subur dan siklus menstruasi wanita.
  3. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan juga vitamin.
  4. Hindari kebiasan buruk yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan baik pria ataupun wanita. Beberapa hal yang perlu dihindari misalnya merokok, minuman keras atau konsumsi obat rutin.
  5. Jika memang ada, maka segeralah untuk mengobati penyakit atau masalah yang berhubungan dengan organ reproduksi.

Kalaupun setelah 1 tahun lebih setelah kuret tetap juga belum bisa hamil, maka ada baiknya bila anda dan juga pasangan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui apa penyebab tidak bisa segera hamil setelah kuret.

loading...
Loading...
Kuret Menyebabkan Wanita Sulit Hamil Lagi, Benarkah? | akbar | 4.5