Loading...

Kumpulan Obat Anemia dari Bahan Alami

Obat AnemiaSeseorang yang mengalami anemia biasanya akan mudah lelah, letih, lesu, tidak bergairah dan sering pusing. Anemia juga bisa menyebabkan daya konsentrasi berpikir seseorang jadi terganggu, karena itu anemia harus segera diobati.

Walau sudah ada obat untuk mengatasi anemia yang dijual di pasaran, namun menggunakan obat alami tentu lebih aman dan memiliki efek samping yang lebih sedikit. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat anemia.

1. Kacang hijau
Siapkan satu cangkir kacang hijau. Setelah dicuci, anda campur dengan dua gelas minum air, rebus hingga tersisa sekitar tiga perempatnya saja. Setelah suam-suam kuku, minumlah air rebusan tersebut. Lakukan ini dua kali sehari.

Kacang hijau yang mempunyai nama ilmiah Phaseolus radiatus L. ini mengandung vitamin B1, B12, dan niacin.

2. Tapak liman
Ambil tiga batang tapak liman lalu cuci sampai bersih. Setelah itu direbus dengan 3 gelas air minum sampai airnya hanya tinggal tiga perempat (3/4)-nya saja. Setelah dingin air godokan tapak liman disaring, lalu tambahkan madu secukupnya. Ramuan ini untuk sekali minum. Minum ramuan ini dua kali sehari.

Tapak liman mempunyai nama latin Elephantopus scaber. Tanaman ini mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol. Hasil penelitian menyebutkan adanya kandungan zat besi pada akar dan daun tanaman tapak liman, kadar zat besi dalam akar sebesar 45,4 mg% dan pada daun 30,2%.

3. Bayam duri
Silahkan ambil setengah genggam bayam duri kemudian dicuci bersih dan giling sampai halus. Langkah selanjutnya adalah anda tambahkan setengah cangkir air matang, lalu aduk agar air dan bayam duri yang telah dihaluskan bercampur. Setelah itu diperas dan disaring hanya untuk diambil airnya. Selanjutnya anda tambahkan satu kuning telur ayam dan 1 sdm madu. Aduk campuran tersebut samai rata. Ramuan tersebut bisa anda minum sekaligus. Lakukan cara ini dua kali sehari.

Bayam duri yang mempunyai nama ilmiah Amaranthus spinosus L. ini mengandung banyak zat besi, garam fosfat, vitamin A, C, dan K. Kandungan zat lainnya yaitu amarantin, kalium nitrat, dan piridoksin.

4. Lempuyang wangi
Ambil setengah jari rimpang lempuyang wangi. Cuci dan potong seperlunya, lalu rebus dengan air sebanyak empat setengah (4 1/2) gelas minum hingga tinggal kira-kira setengahnya saja. Setelah dingin saring dan tambahkan madu seperlunya. Ramuan ini untuk sekali minum. Minum ramuan ini dua kali sehari.

Lempuyang wangi atau yang mempunyai nama ilmiah Zingiber aromaticum ini biasanya tumbuh liar di hutan-hutan jati. Hasil penelitian pada kelinci menunjukkan adanya peningkatan kadar Hb dan jumlah eritrosit setelah kelinci diberi infus rimpang lempuyang wangi selama 16 hari.

loading...
Loading...
Kumpulan Obat Anemia dari Bahan Alami | chsa | 4.5