Loading...

Ketulangan? Ini Cara Mengatasi Duri Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Ikan kaya akan kandungan nutrisi. Bahkan ketimbang hewan darat, protein yang terkandung dalam ikan lebih tinggi. Karena itulah mengonsumsinya pun sangatlah dianjurkan. Baca dulu tentang manfaat ikan tuna atau manfaat ikan untuk ibu hamil dan menyusui

Tapi ingat, hati-hati ketika mengonsumsi ikan. Pasalnya ada beberapa jenis ikan tertentu yang memiliki duri kecil yang banyak sehingga bukan tidak mungkin akan ikut tertelan ketika kita mengonsumsinya. Bahkan tidak jarang bisa tersangkut di leher. Ini sangat mengganggu dan terkadang cukup menyakitkan. Bila tidak segera diatasi, hal ini bisa menyebabkan infeksi.

Ketika anda mengalami ketulangan, istilah yang sering digunakan untuk menyebut kondisi duri nyangkut di tenggorokan, pastikan anda tidak mencoba mengeluarkannya dengan langsung memasukkan jari tangan ke dalam tenggorokan untuk mengeluarkan duri karena langkah itu bisa menyebabkan infeksi atau cedera pada tenggorokan.

Cara Mengatasi Ketulangan, Duri Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan

Bila suatu ketika anda mengalami dimana saat makan ikan durinya nyangkut di tenggorokan, beberapa langkah sederhana bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Berikut diantaranya:

1. Menelan sekepal nasi
Ini merupakan salah satu cara meluruhkan duri atau tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan yang paling umum dan banyak dianjurkan. Cara ini bagi kebanyakan orang memang cukup ampuh dan juga karena dengan nasi sehingga bahan ini cukup mudah dan bisa cepat dilakukan. Pasalnya secara umum makan ikan juga dengan nasi bukan?

Untuk caranya cukup mudah, buat nasi menjadi bola-bola kecil kemudian langsung telan tanpa dikunyah. Ingat, jangan terlalu besar ya ukuran bola nasinya karena bisa menyebabkan anda tersedak.

Untuk membantu mempermudah menelan nasi tersebut anda bisa bantu dengan minum air hangat.

2. Makan pisang
Bila tidak berhasil melepas duri yang nyangkut di tenggorokan, maka cobalah dengan buah pisang. Kunyah buah pisang. Jangan terlalu lembut, cukup dua atau tiga kali kunyahan lalu telan. Menelan buah pisang seperti ini akan membantu mendorong duri ikan lepas dari tenggorokan dan langsung luruh menuju pencernaan.

3. Konsultasi dengan dokter THT
Dua cara diatas, yaitu makan dan atau buah pisang sangat umum dilakukan dan ini biasanya cukup ampuh membantu mengatasi masalah duri atau tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Namun ada kalanya usaha tersebut tetap tidak berhasil. Karenanya, cobalah untuk segera konsultasi dengan dokter THT. Apalagi ketika ketulangan yang anda alami juga menimbulkan beragam keluhan, misalnya saja rasa sakit yang tidak kunjung sembuh ataupun malah muncul pembengkakan di daerah tenggorokan.

loading...
Loading...
Ketulangan? Ini Cara Mengatasi Duri Ikan yang Nyangkut di Tenggorokan | akbar | 4.5