Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 in /home/kharissi/kabarimbo.com/wp-content/themes/krtheme/header.php on line 56

Warning: file_get_contents(http://anti-adblock.adnow.com/aadbAdnow.php?ids=94284,94626,94630,95193,97490,98189): failed to open stream: no suitable wrapper could be found in /home/kharissi/kabarimbo.com/wp-content/themes/krtheme/header.php on line 56
Loading...

Kenali Faktor Risiko dan Tanda Kadar Kolesterol Tinggi

Tingginya kadar kolesterol dalam darah atau sering disebut sebagai hiperkolesterol memang jadi penyakit yang sering terjadi sekarang ini bahkan kita sudah menganggap biasa. Ntah karena tingkat gizi sekarang ini sudah mulai membaik sehingga orang juga makan yang enak-enak. Padahal tanpa disangka-sangka serangan jantung, penyakit stroke dan penyakit-penyakit lainnya.

Nah karena kadar kolesterol tinggi itu tidak diketahui penyakitnya, Anda bisa selalu tanggap dengan mempelajari gejala dan ciri-ciri / tanda bahwa Anda mengalami kadar kolesterol tinggi, dengan memahami beberapa tanda berikut.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol sebenarnya adalah komponen dari lemak. Kita pun membutuhkan lemak untuk tubuh kita selain zat gizi lainnya seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Tahukah Anda bahwa sebagian besar kolesterol yang ada dalam tubuh kita tersebut dihasilkan oleh tubuh kita yakni sebesar 80% dari seluruh kolesterol tubuh kemudian sisanya adalah dari makanan.

Kolesterol terbagi menjadi 2 jenis:

1. Kolesterol LDL yaitu kolesterol jahat yang mengangkut kolesterol di dalam darah paling banyak. Kolesterol LDL ini membuat kolesterol mengendap dalam arteri dan pembuluh darah.

2. Kolesterol HDL yaitu kolesterol baik yang mengangkut kolesterol lebih sedikit di dalam darah. Kolesterol HDL atau kolesterol baik membuang kolesterol jahat dari dalam pembuluh darah dan mengirimkannya kembali ke hati untuk diproses dan dibuang. Oleh karena itu kolesterol HDL tidak menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menyebabkan penyakit stroke dan lainnya.

Faktor Risiko Kolesterol Tinggi

1. Faktor Genetik / Riwayat Penyakit di Garis Keturunan
Penting bagi Anda untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda untuk mengetahui apakah Anda rentan untuk mengidap kadar kolesterol tinggi karena diwariskan secara genetis. Untuk itu, Anda juga perlu memeriksakan diri secara rutik ke dokter apakah Anda tanda-tanda kadar kolesterol tinggi.

2. Faktor Usia dan Jenis Kelamin
Semakin bertambah usia maka kolesterol tubuh pun cenderung meningkat. Pada pria, kolesterol makin meningkat biasanya ketika dia memasuki usia 50 tahun dan bagi wanita kolesterol dapat meningkat ketika menjadi hamil karena ketika hamil hormon progestrogen dan estrogen sangat meningkat pesat. Selain karena hamil, wanita juga rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol saat masa menopause. Maka dari perbandingan tersebut, diketahui bahwa wanita jauh lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol dibandingkan kaum pria.

3. Pola Makan Tidak Sehat
Ya, makanan mengambil peran penting bagi kesehatan kita. Bagi Anda yang tidak memerhatikan asupan gizi apa yang masuk ke dalam tubuh Anda, ini akan berakibat buruk. Khususnya Anda yang sering mengonsumsi makanan mengandung banyak lemak dan kolesterol tinggi misalnya jerohan, mentega, makanan bersantan dan berlemak.

Selain makanan yang disebutkan tadi, Anda juga sebaiknya menahan diri untuk memakan makanan cepat saji dan yang terlalu manis atau asin sering-sering, makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Mulai sekarang sudah bisa mulai menjaga pola hidup sehat kan?

loading...
Loading...
obat kolesterol ala ragam manfaat, apakah miri mengandung kolesterol, boleh gak kolesterol dikerokin, dp bbm kolestrol tinggi, kadar kolestrol dalam kemiri, kanji buat kolestrol

Kenali Faktor Risiko dan Tanda Kadar Kolesterol Tinggi | akbar | 4.5