Loading...

Kenali 5 gejala penyakit hernia

Hernia atau lebih dikenal dengan istilah turun berok adalah penyakit yang umumnya lebih menyerang pria. Namun, tak sedikit pula wanita yang terkena penyakit ini. Meski sering disebut-sebut, namun tak semua orang mengetahui apa sejatinya penyakit hernia itu. Jika dilihat dari sumber penyakitnya, hernia adalah penyakit yang disebabkan karena pembengkakan di otot serta tendon perut.

Fungsi dari otot tendon itu sendiri adalah untuk melindungi isi perut. Bila seseorang menderita hernia, maka bagian perutnya mengalami pembengkakan yang disertai rasa sakit. Dengan mengenali gejala hernia sedini mungkin, maka pengobatannya pun akan lebih cepat dan tanggap dilakukan. Adapun gejala hernia bisa dikenali dengan tanda-tanda berikut:

1. Bengkak
Gejala umum yang dialami seseorang jika terkena hernia adalah adanya pembengkakan di sekitar perut, semacam benjolan kecil. Jika perut anda terlihat lebih besar akibat benjolan, maka waspadalah dan segera periksakan diri ke dokter.

2. Masalah pencernaan
Hernia juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Sembelit, sakit perut, sulit mencerna makanan dan lainnya adalah gejala yang paling sering muncul.

3. Nyeri perut
Jika perut anda terasa nyeri atau perih sehingga menyebabakan rasa sakit yang tidak wajar, kemungkinan itu adalah satu pertanda atau gejala awal dari hernia.

4. Nyeri saraf
Hernia juga dapat menyebabkan rasa nyeri dan perih di beberapa bagian tubuh. Misalnya, penderita hernia inguinalis akan merasakan nyeri di saraf kaki dan skrotum bagi pria. Untuk penederita wanita, rasa nyeri akan dirasakan di saraf labia.

5. Sakit di selangkangan
Penderita hernia inguinalis maupun femoralis biasanya akan mengalami gejala rasa sakit atau nyeri di sekitar selangkangan. Untuk pria, hernia juga menyebabkan buah zakar menjadi turun.

loading...
Loading...
Kenali 5 gejala penyakit hernia | akbar | 4.5