Loading...

Kecewa lamaran kerja ditolak, lakukan saja empat hal ini

Semakin hari mencari pekerjaan semakin sulit. Hal ini karena persaingan antar pencari kerja semakin ketat serta minimnya lapangan kerja. Banyak yang merasa sedih atau kecewa karena belum berhasil mendapat panggilan kerja, apalagi jika sudah melewati tahap wawancara dan pekerjaan itu adalah karir impian. Terkadang hal ini juga berujung pada rasa depresi atau frustrasi karena masih menganggur.

Agar anda tidak merasa sedih atau kecewa yang berkepanjangan, lakukan saja keempat hal ini saat lamaran kerja anda ditolak.

1. Berhenti salahkan diri sendiri
Banyak orang yang merasa berkecil hati dan menyalahkan diri sendiri karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Alasan ditolaknya lamaran kerja memang sangat beragam. Mungkin saja lamaran anda terlambat sehingga tak sempat dibaca atau jenis pekerjaan itu tidak cocok dengan anda. Cobalah bersabar dan belajar dari kesalahan, karir yang tepat pasti akan menghampiri anda.

2. Evaluasi diri
Banyak orang tidak sadar telah melakukan beberapa kesalahan saat melamar kerja. Bisa saja dari penulisan CV yang keliru, cara menulis surat lamaran, atau cara berpakaian dan berbicara anda saat wawancara. Perhatikanlah cara melamar kerja yang baik. Bila perlu, tanyakan kepada HRD mengapa anda ditolak untuk mengetahui letak kesalahan anda.

3. Fokuskan diri kembali
Rasa kecewa memang wajar dirasakan, namun tak ada untungnya berlama-lama bersedih hanya karena ditolak suatu perusahaan. Fokuslah pada hal lain yang dapat membesarkan hati anda. Dengan mengevaluasi diri, anda akan tahu apakah anda cocok dengan kualifikasi pekerjaan tersebut. Selain itu, carilah pekerjaan yang sesuai dengan potensi terbesar pada diri anda.

4. Sibukkan diri
Daripada mengisi waktu yang luang dengan kegiatan yang sia-sia, cobalah menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan seperti organisasi sosial, bekerja freelance atau magang di bidang karir yang ingin ditekuni. Dengan membangun koneksi, barangkali anda bisa bertemu dengan orang-orang yang bisa membantu anda untuk mencari pekerjaan yang tepat.

loading...
Loading...
Kecewa lamaran kerja ditolak, lakukan saja empat hal ini | akbar | 4.5