Loading...

Kapan Seorang Wanita Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Tidak sedikit wanita yang merasa yakin dan percaya diri kalau dirinya tidak akan hamil lagi untuk beberapa waktu kedepan setelah melahirkan. Setidaknya dia yakin tidak akan hamil sampai dia menstruasi untuk yang pertama setelah melahirkan. Benarkah demikian?

Kurangnya informasi mengenai kapan wanita kembali memasuki masa subur setelah melahirkan inilah yang menyebabkan tidak sedikit wanita yang kembali hamil, padahal dia baru beberapa minggu melahirkan. Padahal, kembali hamil dengan jarak yang cukup dekat dengan waktu melahirkan sebelumnya adalah hal yang tidak baik, tidak hanya untuk ibu, namun juga bagi bayi yang tengah disusui dan juga calon bayi yang akan dikandungnya. Itulah alasannya kenapa segera hamil setelah melahirkan adalah ide yang buruk.

Lalu, kapankah sebenarnya masa subur wanita setelah melahirkan?

Seperti yang dikutip dari laman Boldsky, seorang wanita bisa kembali hamil bahkan sebelum dia sempat mengalami menstruasi.

1. Lima minggu
Beberapa wanita mengatakan bahwa anda kembali sangat subur setelah melahirkan dan banyak wanita yang kembali hamil hanya 5 minggu setelah melahirkan. Ini artinya ada jeda 11 bulan antara anak kedua.

2. Setelah selesai nifas
Beberapa wanita bisa mengalami pendarahan (nifas) selama enam sampai delapan minggu setelah melahirkan. Namun, apabila anda sedang tidak haid, anda harus menyadari bahwa itu adalah sisa nifas dan tidak ada hubungannya dengan menstruasi. Anda bisa hamil bahkan ketika melakukan hubungan intim tanpa kondom.

3. Setelah menstruasi pertama
Dalam banyak kasus, siklus menstruasi wanita melahirkan tidak normal setidaknya enam bulan setelah melahirkan. Sekarang, anda mungkin berpikir bahwa anda tidak hamil karena tidak menstruasi. Ini adalah mitos yang berbahaya.

Anda bisa hamil bahkan jika anda tidak menstruasi karena anda mungkin akan berovulasi. Bahkan, tidak menstruasi mungkin menjadi pertanda kalau anda sedang hamil.

4. Hamil saat menyusui
Banyak wanita yang percaya bahwa menyusui sebagai bentuk kontrasepsi alami. Namun, ini belum cukup akurat buktinya. Menyusui memang bisa mencegah kehamilan, tapi tidak bisa mencegah sepenuhnya. Jadi, anda perlu menggunakan alat perlindungan ketika ingin melakukan hubungan badan dengan suami, bahkan ketika sedang menyusui dan berhati-hatilah apabila anda tidak lagi menstruasi.

loading...
Loading...
Kapan Seorang Wanita Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan? | lawas | 4.5