Loading...

Kandungan Nutrisi Ikan Tuna

Halaman: 1 2

Ikan tuna adalah salah satu jenis ikan yang banyak hidup di laut Indonesia. Ada banyak jenis ikan tuna, diantaranya tuna mandidihang/yellowfin (Thunnus albacores), tuna mata besar (Thunus obesus), tongkol abu-abu (Thunus tonggol), tuna albakora (Thunus alalunga), dan tuna sirip biru (Thunus thynnus).

Kandungan Nutrisi Pada Ikan Tuna

Ikan tuna termasuk ikan yang baik untuk dikonsumsi karena punya banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam ikan tuna yaitu:

Omega-3

Ikan tuna mengandungan asam lemak omega-3 lebih banyak bila dibanding dengan ikan tawar, yaitu 28 kali lebih banyak daripada ikan air tawar. Manfaat dari omega-3 adalah bisa menurunkan kadar kolesterol darah dan menghambat proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah). Konsumsi ikan tuna 30 gram sehari bisa mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50 persen. Asam lemak omega-3 juga mempunyai peran penting untuk proses tumbuh kembang sel-sel saraf, termasuk sel otak, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan, terutama pada anak-anak yang sedang mengalami proses tumbuh kembang.

Protein

Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 gram dan 13 gram.

loading...
Loading...
khasiat ikan salem

Kandungan Nutrisi Ikan Tuna | akbar | 4.5