Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kecapi

Gambar Buah Kecapi. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah, Akar, Pohon dan daun Tanaman KecapiKecapi adalah salah satu jenis buah yang memiliki nama lain sentul atau ketuat. Buah kecapi ini memiliki nama ilmiah Sandoricum koetjape (Burm.f.) Merr. Buah ini diduga berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Kemudian buah kecapi ini masuk ke India, Indonesia (Borneo, Maluku), Mauritius, dan Filipina hingga saat ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Penanaman pohon kecapi bertujuan untuk mendapatkan buahnya yang manis namun ada rasa masamnya. Buah kecapi memiliki bentuk bulat pipih dengan ukuran diameter mencapai 5-6cm dengan warna kulitnya kuning keemasan, memiliki bulu halus.

Daging buah di bagian luarnya agak tebal dan memiliki warna merah dengan rasa masam, sedangkan daging buah yang ada di dalam relatif lunak dengan warna putih, rasanya asam hingga manis. Pada umumnya, daging buah kecapi yang tebal sering digunakan untuk manisan.

Apabila Anda pertama kali memakan buah kecapi memang agak susah. Dimana kulitnya begitu liat dan kuat sehingga ketika memakannya ada yang susah sampai harus dijepitkan di pinggiran pintu. Walaupun demikian ada banyak sekali manfaat yang didapat dari mengkonsumsi 100 g buah kecapi. Dalam setiap 100 gram buah kecapi yang bisa dimakan terkandung 247 kJ, air 83.9 g, protein 0.7 g, lemak 1 g, karbohidrat 13.7 g, serat 1.1 g, abu 0.7 g, kalsium 11 mg, fosfor 20 mg, besi 1.2 mg, kalium 328 mg dan vitamin C 14 mg.

Ada banyak manfaat dari tanaman kecapi ini, mulai dari akar, buah hingga daunnya bisa kita manfaatkan.

  1.  Akar buah kecapi dapat dimanfaatkan untuk obat antidiare, meredakan kekejangan, mengeluarkan angin dari perut, obat sakit perut.
  2. Buah kecapi dapat diolah menjadi manisan, ‘chutney’, selai, jeli ‘marmelade’. Dapat juga diawetkan dalam hidangan-hidangan sebagai pengharum alami.
  3. Daunnya yang segar jika digosokkan pada kulit dapat berguna sebagai peluruh keringat, dan rebusannya dapat digunakan untuk obat demam. Serbuk kulit batangnya sangat mujarab untuk pengobatan cacing gelang.
  4. Kayunya digunakan untuk konstruksi bangunan, kerajinan kayu, dan untuk membuat perabotan rumah tangga serta peralatan lainnya.

Demikian sekilas mengenai kandungan nutrisi dan manfaat buah kecapi. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
buah kecacil, buah kecapi, manfaat buah kecapi, buah kecapi untuk ibu hamil, manfaat buah kecapi untuk ibu hamil, manfaat kecapi, buah sentul, khasiat buah kecapi, kandungan kecapi, boleh kah ibu hamil muda Makan buah kecapi

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Kecapi | chsa | 4.5