Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Enau (Aren)

Gambar Buah Enau atau Buah ArenBuah enau atau aren masih satu family dengan Arecaceae, dengan memiliki nama latin Arenga pinnata. Buah enau ini termasuk tanaman palma yang memiliki ketinggian hingga mencapai 25 m dan merupakan tanaman serba guna.

Ciri lainnya adalah tumbuhan ini memiliki diameter 65cm dengan batang kokoh dimana bagian atasnya telah diselimuti dengan serabut yang berwarna hitam atau yang dikenal dengan nama ijuk. Tercatat enau yang berusia 15-20 tahun dapat menghasilkan nira setiap harinya sekitar 8 liter.

Daunnya memiliki bentuk menyirip seperti pohon kelapa dengan panjang mencapai 5m dengan tangkainya mencapai 1,5 m. Ketika sudah berbuah, buah enau ini memiliki bentuk bulat peluru dengan diameter sekitar 4 cm dan biasanya beruang tiga.
Setiap tangkainya dapat berbuah sekitar 50 butir buah enau yang memiliki warna hijau sampai coklat kekuningan. Ketika matang jangan sampai Anda langsung memakannya, karena jika mengenai getahnya akan membuat gatal.

Kandungan gizi buah enau mengandung kalori 164, sodium 19.58 mg, potassium 170.88 mg, karbohidrat 42.61 g, protein 0.64 g, Vit A 3.56 IU, vit C 0.89mg, calcium 78.32 mg, iron 0.52mg. Selain itu ada beberapa manfaat bauh enau seperti:

  1. Untuk mengobati demam
  2. Mengobati sakit perut
  3. Mengobati sulit buang air besar
  4. Untuk mengobati noda-noda hitam di wajah

Demikian sekilas mengenai buah enau semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

loading...
Loading...
buah enau

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Enau (Aren) | chsa | 4.5