Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Durian

Gambar Buah Durian. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan TubuhDurian terkenal dengan baunya yang khas dan bagi yang suka durian, namun demikian tak jarang karena baunya yang ‘wangi’ khas tersebut sebagian orang jadi tidak menyukai dan bahkan ada yang meski hanya mencium baunya bisa membuat seseorang menjadi merasa mual. Buah durian termasuk buah musiman. Nama durian sendiri berasal dari kulitnya yang berlekuk-lekuk tajam menyerupai duri.

Durian adalah tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Pohon durian sendiri memiliki ketinggian dari 25-50 m. Buah durian memiliki ciri seperti kapsul berbentuk bulat telor bahkan ada pula yang lonjong, bagian kulitnya berbentuk seperti duri.

Kandungan Nutrisi Buah Durian

Ada banyak sekali kandungan butrisi dalam buah durian seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Tidak hanya itu saja, buah durian juga mengandung zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein. Selain itu durian juga terdapat kandungan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah.

Manfaat Buah Durian

Selain enak dimakan, buah durian memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti:

1. Membantu mencegah anemia
Buah durian memiliki kandungan folat atau vitamin B9 yang bagus untuk memproduksi sel darah merah.

2. Dapat mengatasi sembelit
Kandungan serat yang ada di dalam buah durian dapat membantu sistem pencernaan Anda.

3. Dapat meningkatkan kesehatan kulit
Tingginya kandungan vitamin C dalam buah durian bisa membantu Anda untuk membuat kolagen dan protein yang biasanya ditemukan di dalam pembuluh darah ligamen, tendon, tulang, dan kulit. Bahkan vitamin C juga memiliki peranan yang cukup besar untuk dapat menyembuhkan luka.

4. Menjaga kesehatan tulang
Buah durian memiliki kandungan kalium cukup tinggi dimana kalium ini berfungsi untuk menutrisi tulang Anda.

5. Untuk mengatur kadar gula darah
Kandungan mangan dalam buah durian bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah Anda.

6. Menjaga fungsi tiroid
Buah durian sebenarnya memiliki kandungan tembaga yang dapat memberikan nutrisi untuk kelenjar tiroid. Dimana zat tembaga ini dapat berperan untuk metabolisme tiroid, terutama dalam hal produksi dan penyerapan hormon.

7. Membantu pembentukan tulang dan gigi
Dengan andanya kandungan fosfor yang ada di dalam buah durian sangat membantu proses pembentukan tulang dan gigi bersama dengan kalsium.

Jika ada yang mengatakan bahwa buah durian perlu dihindari, salah besar. Karena ada banyak manfaat didalamnya. Namun yang perlu dicatat adalah jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya adalah hal yang tidak baik.

loading...
Loading...
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Durian | chsa | 4.5