Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Duku

Gambar Buah Duku. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah DukuAnda mungkin sudah sering mengkonsumsi buah duku. Namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak sekali kandungan nutrisi dan manfaat yang didapat dari buah duku?

Duku adalah tanaman buah dari keluarga suku Meliaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Pohonnya relatif memiliki ukuran sedang dengan ketinggian mencapai 30 m. Buahnya berbentuk bulat memanjang dengan memiliki bulu harus kekuningan dengan kulit buah tipis dengan memiliki biji 1-3.

Ketika matang buah ini berwarna putih bening dan tebal, berair, rasanya manis hingga masam. Dalam 1 kilogram duku setidaknya mengandung protein 10 gr, karbohidrat 130 gr, lemak 2 gr, mineral 7 gr, kalsium 180 mg, fosfor 90 mg, dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Bahkan kulit dan bijinya yang pahit dapat berfungsi untuk menyembuhkan diare dan sebagai penurun panas. Berdasarkan analisis dari India bahwa setiap 100 gram duku terdapat gizi Moisture – 86.5 g, Protein – 0.8 g, Karbohidrat – 9.5 g, Fiber – 2.3 g, Kalsium – 20 mg, Fosfor – 30 mg, Karoten (vitamin A) – 13.0 I.U, Thiamine – 89 mcg, Riboflavin – 124 mcg, Ascorbic Acid – 1.0 mg, Phytin – 1.1 mg (berat kering).

Dengan kandungan nutrisi yang cukup banyak dari duku, tentunya ada banyak sekali manfaat dari buah duku, seperti:

1. Dapat memperlancar sistem pencernaan – sebenarnya duku memiliki dietary fiber atau serat yang tinggi. Oleh karena itu duku bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan juga dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.
2. Dapat menguatkan gigi – kandungan fosfor yang ada didalam duku dipercaya sangat baik untuk gigi.
3. Untuk obat cacingan, mengurangi diare serta menurunkan panas.
4. Dapat berfungsi sebagai obat untuk gigitan serangga.
5. Kulit buah duku dipercaya dapat mengusir nyamuk dengan cara membakarnya.

loading...
Loading...
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Duku | chsa | 4.5