Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Ceri

Gambar Buah Ceri. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah CeriBuah ceri tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda, di beberapa daerah buah ceri disebut juga sebagai buah kersen. Biasanya buah ceri ini ditemukan pada hiasan-hiasan kue. Tumbuhan yang satu ini seringkali tumbuh liar, bahkan bisa dibilang tumbuhan ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Pohonnya seperti payung dengan memiliki daun yang kecil dan buahnya ketika matang akan berwarna merah dan memiliki rasa yang sangat manis. Ceri memiliki nama latin Prunus avium. Buah ceri sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti anthosianin, pigmen pembentuk warna merah keunguan.

Bahkan tercatat dalam 100 gram buah ceri mengandung beberapa nutrisi seperti energi 63 kkal, karbohidrat 16 g, gula 13 g, diet serat 2 g, lemak 0.2 g, protein 1.1 g, vitamin C 7 mg (12%), besi 0.4 mg (3%), dll.

Karena itulah maka tidak dipungkiri bahwa buah ceri mengandung banyak sekali manfaat, diantaranya :

1. Menurunkan resiko penyakit asam urat
Antioksidan yang banyak terkandung didalam buah ceri bermanfaat untuk mengurangi asam urat. Bahkan berdasarkan penelitan, khasiat buah ceri dapat menurunkan 75% penyakit asam urat.

2. Sebagai anti inflamasi
Hal ini dikarenakan buah ceri memiliki kandungan antosianin (anthocyanin) yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit dikarenakan radikal bebas.

3. Untuk menjaga kesehatan jantung
Dari hasil studi Universitas Michigan ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi buah ceri dapat menurunkan resiko akan penyakit jantung dalam hal ini termasuk peradangan, lemak tubuh serta kolesterol.

4. Sebagai anti kanker
Ceri memiliki kandungan antioksidan cyaniding yang dapat membantu untuk melawan sel-sel kanker.

5. Meningkatkan memori
Antosianin yang terdapat dalam buah ceri bermanfaat untuk meningkatkan memori atau ingatan secara berkesinambungan.

6. Memiliki kandungan beta karoten
Ceri memiliki kandungan beta karoten yang tinggi sekitar 19 kali lebih besar jika dibandingkan dengan buah blueberry ataupun buah stroberi.

7. Sebagai obat tidur alami
Buah ceri juga mengandung melatonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur tubuh manusia. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ceri maka siklus tidur Anda akan menjadi baik, sehingga tubuh Anda dapat bugar dan sehat.

loading...
Loading...
manfaat buah ceri, buah ceri, khasiat buah ceri

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Ceri | chsa | 4.5