Loading...

Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah Ramadhan 1439 H / 2018 M

Salah satu hal penting yang harus menjadi perhatian kala berpuasa adalah mengetahui jadwal imsakiyah dan juga buka puasa atau maghrib. Karena dalam berpuasa waktu-waktu ini menjadi sangat penting.

Meski imsak atau imsakiyah bukanlah waktu dimana kita harus berhenti dari makan dan minum, namun ini hanyalah sebagai sinyal atau pertanda menjauhkan kemungkinan dari melewati batas waktu dimulainya puasa. Sebenarnya setelah imsak pun kita masih boleh makan hingga azan subuh dikumandangkan. Biasanya jarak antara waktu imsak dan subuh sektar 10 menit. Baca: do’a niat puasa

Sementara waktu buka puasa, yaitu saat maghrib ini juga harus diperhatikan. Karena kita tidak diperkenankan untuk menunda-nunda waktu buka puasa. Jadi ketika sudah tiba waktu buka atau maghrib, maka segeralah membatalkan puasa salah satu yang dianjurkan adalah dengan makanan yang manis seperti kurma atau bisa juga cukup dengan minum air putih. Baca doa buka puasa juga perlu ya, karena ini sunnah. Adapun bacaan doa buka puasa yaitu:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Teks Indonesia:
ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA’ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Adapun Arti dari doa buka puasa diatas adalah:
Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Nah, untuk jadwal lengkap puasa Ramadhan tahun ini, kita bisa buat sendiri caranya lihat pada halaman jadwal imsakiyah dan buka puasa 2017.

Untuk yang ingin mendapatkan jadwal imsakiyah dan buka puasa untuk daerah Rimbo Bujang, Rimbo Ulu dan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Propinsi Jambi, silahkan saya sudah buatkan jadwalnya di sini tinggal download sesuai desa tempat anda berada atau tinggal.

loading...
Loading...
Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah Ramadhan 1439 H / 2018 M | lawas | 4.5