Loading...

Inilah yang harus anda lakukan setelah handphone jatuh di air

Mungkin anda pernah mengalami kejadian ini, ketika sedang menggunakan handphone kesayangan anda tanpa sengaja handphone tersebut terjatuh ke dalam air, anda tentu akan panik dan sesegera mungkin mengambil handphone tersebut.

jika anda sedang mengalami hal seperti itu, anda tak usah panik dulu, ada beberapa cara yang harus anda lakukan terhadap handphone anda yang terjatuh atau masuk kedalam air. Jangan pernah sekali-kali anda mencoba menghidupkan handphone anda ketika baru terjatuh ke dalam air, karena hal itu bisa mengakibatkan korsleting pada bagian dalamnya. Berikut hal-hal yang harus anda lakukan ketika kejadian tersebut menimpa anda :

1. Melepaskan Seluruh Komponen

Segeralah mengambil handphone anda, jangan biarkan sampai terlalu lama. Karena jika handphone terlalu lama terendam di dalam air, maka anda akan sedikit kesulitan untuk mengatasinya karena air akan menyeluruh masuk dan mengenai koponen-komponen dalam bagian handphone anda. Setelah itu, silahkan anda lepas semua komponen pada handphone tersebut, seperti cassing, baterai, sim card, memory card dan pisahkan masing-masing komponen tersebut.

2. Keringkan Setiap Bagian Komponen

Langkah selanjutnya adalah proses pengeringan pada setiap bagian komponen tersebut, terutama pada bagian body handphone, karena di bagian body-lah letaknya mesin dari handphon anda. Caranya anda bisa menggunakan sebuah toples yang diisi dengan beras sebanyak 3/4 dari besar ukuran toples. Kenapa beras? karena kita tahu bahwa sifat beras yang mampu mengurangi kelembaban, dengan demikian body hanphone anda akan menjadi kering, atau bisa juga dengan menjemurnya, dengan catatan ketika anda menjemurnya apalagi menggunakan sinar matahari langsung, sebaiknya jangan hadapkan bagian layar handphone pada sinar matahari tersebut, karena sinar matahari akan mengeluarkan minyak yang terdapat pada layar ponsel anda dan akan mengakibatkan layar menjadi buram.

3. Satukan Komponen Seperti Semula

Untuk proses pengeringan sebaiknya dilakukan selama 24 jam, agar kita bisa memastikan bahwa handphone tersebut benar-benar sudah kering. Setelah kering silahkan anda pasang dan satukan kembali komponen-komponen yang tadi dilepas. Selanjutnya hidupkan handphone anda, jika berhasil langsung charger handphone tersebut, karena dengan menchargernya batrai akan menjadi hangat karena terisi oleh saluran listrik dan akan mengembalikannya seperti semula.

Cara ini bisa anda lakukan terhadap hanphone yang terjatuh atau masuk kedalam air, namun hanya bisa diterapkan jika handphone tersebut jatuhnya kedalam air tawar bukan air asin, karena air asin dapat dengan cepat merusak semua komponen bagian dalam pada handphone, dan akan sedikit sulit untuk mengatasinya.

loading...
Loading...
Inilah yang harus anda lakukan setelah handphone jatuh di air | akbar | 4.5