Loading...

Inilah Tips Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Kanker usus besar bisa dicegah dengan cara menerapkan pola makan yang sehat, yaitu dengan metode 4 J yang terdiri dari jumlah, jenis, jadwal, jurus memasak. Jumlah, tidak boleh lebih dan kurang. Jenis harus lengkap dan menganut balance diet. Dalam makanan yang dikonsumsi juga harus ada karbohidrat, protein, dan lemak yang baik. Jangan lupa, asupan vitamin dan air putih.

Sebisa mungkin, pilihlah sayur yang berasal dari organik. Bila harganya dianggap terlalu mahal, maka dipilih dari jenis sayuran biasa, yang penting dicuci dengan air yang mengalir sebelum dimasak untuk menghilangkan pestisida.

Selanjutnya, makanan yang dikonsumsi harus mengandung indeks glikemik rendah dan tinggi serat. Makanan tinggi serat yang bisa dipilih adalah beras merah dan bekatul.

Jangan lupa, konsumsilah 10 porsi/10 macam/10 warna buah dalam sehari. Dan kalau bisa, konsumsilah buah yang berasal dari daerah pegunungan. Karena biasanya, buah yang berasal dari pegunungan, tersusun dari sel muda, yang katanya bisa bikin awet muda.

Di dalam buah terkandung antioksidan dengan jumlah yang tinggi dan serat yang banyak. Serat bermanfaat untuk membuat kotoran di usus besar lancar, dan antioksidan dapat menangkal radikal bebas.

Juga jangan lupa, makan juga sayur 3 sampai 5 porsi, sereal setiap hari ketika kita sarapan, kacang-kacangan rebus atau disangrai, dan roti gandum.

loading...
Loading...
Inilah Tips Cara Mencegah Kanker Usus Besar | lawas | 4.5