Loading...

Inilah 4 manfaat tidur di siang hari untuk kesehatan

Secara normal kebutuhan istirahat atau lebih tepatnya tidur bagi manusia adalah sebanyak 8 jam perhari, tubuh juga layaknya mesin yang tidak bisa di operasikan terus menerus, tubuh butuh istirahat setiap harinya. Biasanya, tubuh akan memberi tanda kepada kita kala dia memang perlu beristirahat dengan respon mengantuk. Biasanya kita akan beristirahat pada malam hari karena di siang hari kita melakukan aktifitas, tapi tidur di siang hari juga memiliki manfaat yang besar layaknya tidur di malam hari.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidur di siang hari selama setengah jam ternyata dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung sebanyak 37%, itu jika hanya dilakukan selama 3 kali dalam seminggu, dan jika kita tidur siang setiap harinya, silahkan anda kalikan berapa persen kita terhindar dari resiko serangan jantung. Seian itu, tidur siang juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh kita, lebih jelasnya berikut ulasannya :

1. Meningkatkan Kinerja Memori Otak

Banyaknya aktifitas dan daya otak yang kita gunakan dapat membuat otak kelelahan dan mengurangi daya konsentrasi. Tidur siang dikala kita sudah terlalu banyak menggunakan daya otak untuk berfikir seanyak 30 menit, maka dapat meningkatkan daya ingat kita kembali dan menjadikan otak kembali fres dan segar.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Ketika kita merasa kelelahan dan mulai mengantuk saat sedang beraktifitas atau berkerja, maka aktifitas yang kita lakukan jadi terhambat dan tidak akan berjalan dengan semestinya, biasanya orang akan menahan rasa kantuk dengan mengkonsumsi kafein. Namun sebuah study penelitian menemukan fakta bahwa tidur siang selama 20 menit jauh lebih efekif dibanding mengkonsumsi 200 mg kafein sebagai penangkal rasa kantuk tersebut.

3. Meningkatkan Daya kreatifitas

Daya kreatifitas seseorang biasanya dipengaruhi oleh persepsi sensorik dalam tubuh, dengan melakukan tidur di siang hari, seorang peneliti dan ilmuan terkenal mengatakan bahwa tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik pada otak yang menjadikan daya kreatifitas kita akan lebih meningkat.

4. Dapat Mengembalikan Mood

Tidur di siang hari ternyata dapat meningkatkan kadar neurotransmitter serotinin pada otak yang dapat menghasilkan rasa tenang dan mampu menghilangkan rasa cemas pada pikiran dan otak kita. Selain itu, tidur di siang hari juga akan menciptakan pandangan yang positif pada pikiran.

Mungkin sebagian kita berpenanggapan bahwa tidur di siang hari hanya akan membuang-buang waktu saja, tapi ternyata empat manfaat di atas menyadarkan kita bahwa ternyata tidur siang juga perlu kita lakukan karena sangat bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan kita.

loading...
Loading...
Inilah 4 manfaat tidur di siang hari untuk kesehatan | akbar | 4.5