Loading...

Ini Resep, Cara Membuat Singkong Goreng Gurih Nan Renyah

Singkong goreng menjadi salah satu jenis camilan yang biasa dijual bersama jenis makanan lain oleh pedagang gorengan di tepi jalan.

Bila anda ingin menikmati kelezatan singkong goreng namun khawatir dengan kehigienisannya yang biasa dijual di pinggir jalan, maka tidak ada salahnya bila anda membuatnya sendiri. Anda bisa membuat sendiri singkong goreng yang empuk saat digigit namun tetap renyah dan gurih di mulut. Bahkan mungkin kelezatannya bisa mengalahkan apa yang dibuat oleh pedagang gorengan biasanya. Bagaimana caranya?

Resep Singkong Gurih dan Renyah

Resep Singkong Gurih dan Renyah

Mungkin selama ini anda biasa menggoreng singkong hanya bermodalkan bumbu garam saja, dan hasilnya mungkin biasa dan terasa membosankan. Maka sudah saatnya untuk anda menggunakan bumbu-bumbu lainnya yang lebih berani untuk mendapatkan singkong goreng yang lezat dan menjadi favorit anggota keluarga.

Membuat singkong goreng yang enak cukup mudah saja caranya. Yang penting anda berani untuk menggunakan bahan bumbu tambahan seperti bawang putih dan ketumbar bubuk. Dengan tambahan bumbu ini anda akan mendapatkan unsur aroma singkong goreng yang begitu menggugah selera.

Untuk membuat bumbu singkong goreng gunakan perbandingan bahwa untuk setiap 500 gram singkong maka anda perlu bisa menambahkan 2 siung bawang putih ulek dan 1 sendok teh ketumbar bubuk.

O ya, singkong yang akan anda goreng pastikan sudah direbus terlebih dahulu sebelumnya. Jangan merebus pakai air biasa, namun gunakan air santan bila ingin mendapatkan cita rasa singkong yang lebih gurih dan ada rasa lemaknya.

Bahan yang dibutuhkan

  • 500 gram singkong
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok merica bubuk
  • 500 ml santan cair (dari seperempat butir kelapa)

Cara Membuat Singkong Goreng Empuk, Renyah dan Gurih

  1. Potong-potong singkong berukuran 3 cm.
  2. Masukkan dalam lemari es semalam. Atau jika ingin cepat masukkan ke freezer selama beberapa jam.
  3. Rebus santan hingga mendidih. Masukkan bumbu bawang ulek dan merica bubuk.
  4. Setelah mendidih, masukkan singkong yang sudah dibekukan tadi. Biarkan sampai singkong empuk, tidak perlu menunggu santan surut.
  5. Panaskan minyak di api besar hingga siap menggoreng, lalu masukkan singkong yang telah direbus.
  6. Goreng hingga bagian luarnya kuning keemasan dan renyah. Karena minyaknya panas, proses menggoreng tidak akan lama. Cukup agar kulit berkerak, tapi bagian dalam singkong masih lembab.

Nah, singkon goreng yang empuk, renyah dan gurih siap untuk dihidangkan sebagai camilan nikmat untuk menemani saat berkumpul bersama anggota keluarga di rumah. Selamat menikmati.

loading...
Loading...
Ini Resep, Cara Membuat Singkong Goreng Gurih Nan Renyah | akbar | 4.5